Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Perilaku yang Diwarisi Si Kecil

Perilaku yang Diwarisi Si Kecil

Satu hal yang harus Anda ketahui setelah memiliki anak adalah segala sikap dan perbuatan Anda akan diperhatikan olehnya. Tidak hanya memerhatikan, Si Kecil pun akan mendengarkan segala perkataan yang terucap oleh Anda. Jadi, segala keputusan yang Anda buat, kata-kata yang Anda ucapkan, dan tindakan yang Anda lakukan berada di bawah pengawasan Si Kecil sehingga harus dilakukan dengan sangat bertanggung jawab.

 

Untuk apa mereka melakukan hal tersebut? Tentu saja untuk ditiru. Karenanya, jangan heran atau bertanya-tanya mengapa Si Kecil merias dirinya di depan cermin atau mengucapkan kata-kata yang ia sendiri tidak mengerti artinya, sebab ia menirukan apa yang dilihatnya sehari-hari. Dilansir melalui Yahoo, inilah 7 perilaku yang umumnya ditiru oleh Si Kecil dari orangtuanya.

 

1. Bagaimana Suami Memperlakukan Anda

Jika ayahnya sangat baik, mendukung, menyayangi, dan hormat kepada ibunya, Si Kecil pun akan melakukan hal yang sama kepada ibunya.

 

2. Bagaimana Anda Mengatur Keuangan

Apabila Anda bijak mengatur keuangan rumah tangga, dengan tidak selalu makan di restoran mewah atau membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, Si Kecil akan mewarisi perilaku ini dari Anda ketika ia dewasa kelak.

 

3. Bagaimana Anda Menghargai Orang Lain

Kalau Anda selalu memanfaatkan orang lain atau memperlakukan orang lain dengan kasar, Si Kecil pun berperilaku yang serupa pula. Jadi perlakukan setiap orang, misalnya pembantu rumah tangga, pramusaji, atau penjaga kasir dengan baik mulai dari sekarang ya, Moms.

 

4. Bentuk Penghormatan Terhadap Orang Lain

Hati-hati jika Anda membicarakan orang lain atau bertingkah laku terhadap seseorang di depan Si Kecil. Sebab, bisa-bisa ia akan ikut-ikutan memandang sebelah mata dan tidak menghormati orang tersebut. Dan suatu saat bisa jadi Anda lah yang tidak ia hormati.

 

5. Karakter Anda yang Sebenarnya

Si Kecil hampir selalu bersama Anda 24 jam sehari, jadi ia tahu persis bagaimana karakter asli Anda. Ia akan melihat tindakan Anda tidak sesuai dengan ucapan Anda, sering membicarakan orang lain yang mengganggu Anda, serta ketika Anda menghadapi suatu hal yang tidak Anda sukai. Semua karakter orang-orang di sekitarnya inilah yang menjadi cikal bakal karakternya di masa depan.

 

6. Kedisiplinan yang Anda Terapkan

Anda ingin Si Kecil tumbuh menjadi anak yang disiplin dan bisa mempertanggungjawabkan perilakunya? Apakah Anda juga seperti itu? Jika tidak, bersiaplah ia tidak akan menurutinya.

 

7. Apakah Anda Demawan Atau Tidak

Berbagi kepada sesama dan membantu orang lain yang kesulitan adalah salah satu perilaku yang akan Si Kecil pelajari dari Anda. Karenanya, selalu murah hati dan jangan segan membantu orang lain ya, Moms. (Sagar/DT/Dok. M&B)