Type Keyword(s) to Search
BABY

5 Langkah Menidurkan Bayi

5 Langkah Menidurkan Bayi
5 langkah menidurkan bayi

Bayi baru lahir perlu tidur selama 16-18 jam setiap harinya. Saat tidur, otaknya akan melakukan proses penyerapan dan pemahaman tentang apa yang telah ia alami. Selain itu, ia juga akan memperbarui energinya. Itulah sebabnya, Anda harus membantu bayi agar dapat tidur dengan nyaman dan nyenyak. Berikut 5 langkah yang bisa Anda ikuti untuk menidurkan bayi.

 

1. Sebelum tidur, Anda boleh mengajak bayi bersenang-senang terlebih dahulu. Ajaklah ia bercanda dan secara perlahan bawa ia ke suasana yang sunyi.

 

2. Anda juga dapat mengajak bayi berkeliling untuk mengucapkan selamat malam kepada anggota keluarga yang lain. Kebiasaan ini juga akan mengajarinya perbedaan antara tidur siang dan tidur malam.

 

3. Seka tubuh bayi dengan waslap yang sudah direndam dengan air hangat. Setelah itu keringkan tubuhnya dengan handuk, lalu berikan pijatan ringan dengan baby oil atau minyak telon. Anda tak perlu mengetahui gerakan khusus untuk memijat, sentuhan lembut Anda sudah cukup membuatnya nyaman.

 

4.Ganti pakaiannya dengan piyama yang nyaman, redupkan lampu kamar, dan susuilah bayi Anda. Usahakan agar ia tidak tertidur saat menyusu, karena akan membuatnya sulit tidur sendiri nantinya.

 

5.Berbicaralah dengannya. Jangan pikirkan apa yang harus Anda katakan, sebab nada suaralah yang didengarnya, bukan apa yang Anda katakan. Biarkan ia mengenalinya. Setelah itu, nyalakan mainan di atas tempat tidurnya untuk mengalihkan perhatian hingga ia pun terlelap. (Aulia/doc.M&B)