Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

ASI untuk Perkembangan IQ Anak

ASI untuk Perkembangan IQ Anak

ASI ternyata tidak hanya bermanfaat saat anak kita bayi, melainkan pula hingga mereka dewasa. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak yang menyusu ASI hingga setidaknya 12 bulan mempunyai kecenderungan untuk memiliki nilai IQ lebih tinggi saat dewasa.

 

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dr. Holly Phillips terhadap sekitar 3.400 anak di Brazil selama kurun waktu 30 tahun, memperlihatkan bahwa mereka yang minum ASI selama setahun atau lebih dari 4 bulan ketika bayi memiliki nilai IQ lebih tinggi setidaknya 4 poin lebih tinggi ketika dewasa dibandingkan mereka yang menyusu ASI kurang dari satu bulan.

 

Bukan hanya itu, anak-anak yang menyusu ASI juga bersekolah lebih baik dan menghasilkan pendapatan lebih banyak ketika dewasa; dengan jumlah pendapatan sekitar 104 dolar lebih banyak setiap bulan. Ini menjadi semakin baik saat berpadu dengan faktor lain seperti berat badan bayi saat lahir, tingkat pendidikan ibu, dan pendapatan keluarga.

 

Apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Dr. Phillips mengatakan, selain karena faktor ASI yang memang mengandung banyak zat bermanfaat, komunikasi dan ikatan yang terjadi saat proses menyusui juga telah membawa dampak yang baik terhadap perkembangan otak. Proses menyusui mendorong peningkatan jumlah IQ sekaligus tingkat kepercayaan diri ke dalam diri anak. Hal yang akan terus anak bawa dalam segala jenjang pencapaian di dalam hidupnya.
 

 

(Fifi Juliana/DT/dok.freedigitalphotos)