Type Keyword(s) to Search
BABY

Mengenal Baby Led Weaning

Mengenal Baby Led Weaning

Banyak ibu yang mencoba metode baby led weaning (BLW) saat memberikan MPASI kepada Si Kecil yang mulai sulit makan. Metode ini dinilai ampuh bagi sebagian besar anak. Sebenarnya apa metode BLW itu?


Metode baby led weaning (BLW) diperkenalkan oleh Gill Rapley dan Tracey Murkett dalam buku Baby-led Weaning: Helping Your Baby to Love Good Food dan The Baby-Led Weaning Cookbook. Berbeda dengan metode konvensional (pemberian MPASI dengan orangtua yang menyuapi atau disebut juga parents led weaning), BLW memberikan kesempatan kepada Si Kecil untuk mencoba makan sendiri. Namun, sama seperti metode konvensional, pemberian MPASI dengan metode BLW diawali di usia sekitar 6 bulan—ketika bayi sudah bisa menegakkan kepalanya dan duduk tanpa bantuan.


Bagaimana memulai motode ini? Anda dapat menyajikan beberapa jenis makanan utuh namun lunak kepada Si Kecil. Contoh makanan ini adalah pisang serta sayuran yang sudah dikukus. Jangan lupa untuk memotong makanan tersebut dengan ukuran yang sesuai agar Si Kecil tak tersedak. Selanjutnya, biarkan ia memilih, menyantap (dan memainkan!) sendiri makanan yang ada di hadapannya tanpa bantuan. Dengan cara ini, bayi akan terbiasa mencicipi cita rasa asli beraneka jenis makanan serta belajar menakar dan mengatur sendiri porsi makanan yang dibutuhkannya. (M&B/Dok.M&B UK)