Type Keyword(s) to Search
BABY

Membersihkan Bayi Baru Lahir

Membersihkan Bayi Baru Lahir


Si Newborn tak perlu dimandikan setiap hari, karena umumnya daerah yang kotor hanya bagian yang terbuka, seperi wajah dan lipatan-lipatan pada tangan, kaki, leher, pantat, dan alat kelamin. Bersihkan Si Kecil dengan menggunakan kapas dan air hangat.

Membersihkan Mata
Basahi kapas dengan air bersih dari bagian dalam ke bagian luar sudut matanya. Gunakan kapas baru untuk tiap mata agar tak terjadi infeksi.

LIpatan Leher dan Ketiak
Dengan kapas bersih dan basah, usaplah lipatan leher Si Kecil untuk mengeluarkan keringat yang telah mongering atau kotoran lain. Kemudian, angkat tangannya dengan lembut dan bersihkan daerah lipatan ketiak. Kotoran yang berada di daerah lipatan berisiko menimbulkan luka karena gesekan. Setelah selesai, tepuk-tepuk bagian tersebut dengan handuk bersih.

Membersihkan Tangan dan Kaki
Gunakan kapas lebih banyak untuk membersihkan tangan bayi. Bukalah telapak tangannya untuk membersihkan kotoran di antara jari dan pada kuku. Untuk kaki, usaplah telapak, punggung, serta jari-jari kakinya. Setelah selesai tepuk-tepuk dengan lap atau handuk bersih. (M&B/ Dok. M&B UK)