Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Seru & Aman Bersepeda Bersama Si Kecil

Seru & Aman Bersepeda Bersama Si Kecil

Bersepeda selalu menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan. Jika Anda ingin mengajak balita bersepeda, ikuti aturan ini agar Anda dan Si Kecil  tetap aman.

 

1. Selalu gunakan helm khusus untuk bersepeda. Helm khusus ini ada juga yang sesuai dengan ukuran kepala balita. Namun, jika helm tersebut masih kebesaran, jangan paksakan Si Kecil untuk memakainya sebab akan membuatnya tidak nyaman dan ia bisa cedera karena ketidaknyamanan itu. Jadi, hindari membeli helm yang longgar dengan maksud agar bisa dipakai lebih lama, karena risikonya berbahaya.

2. Helm untuk bersepeda didesain khusus untuk satu kali jatuh akibat kecelakaan. Jika sampai terjadi, untuk alasan keamanan, sebaiknya helm langsung diganti meski tidak tampak ada kerusakan sekali pun pada helm. Hindari pula membeli helm bekas, karena Anda tidak tahu apakah helm itu sudah pernah mengalami kecelakaan atau tidak.

3. Gunakan pelindung lutut dan siku. Sama seperti helm, aturannya adalah gunakan pelindung yang ukurannya pas. Sebab jika kebesaran atau kekecilan, akan membuat Si Kecil tidak nyaman dan malah akan meningkatkan risiko kecelakaan.

4. Periksalah selalu kelengkapan sepeda Si Kecil. Cek rem, rantai sepeda, kekenyalan ban, bel sepeda,dan stang. Jika Si Kecil memakai roda tambahan, pastikan roda itu selalu dalam kondisi stabil. Pengecekan berkala akan menghindari Si Kecil dari kecelakaan.

5. Ajarkan Si Kecil peraturan berlalu lintas. Pastikan ia selalu mengendarai sepeda di sisi yang tepat. Ajarkan bagaimana peraturan membelok dan menyeberang jalan yang benar. 

6. Pakaikan pakaian yang nyaman. Hindari pakaian terlalu ketat atau terlalu longgar untuk Si Kecil karena akan mengurangi kelincahannya mengendalikan sepedanya. (NK/Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)