Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Belanja Nyaman Bersama Si Kecil? Bisa Kok!

Belanja Nyaman Bersama Si Kecil? Bisa Kok!

Menjadi orangtua dari balita memang bukan pekerjaan mudah. Pasalnya di usia itu, rasa penasaran Si Kecil terhadap sesuatu sangat tinggi sehingga Anda perlu ekstra perhatian untuk menjaganya. Ketika Si Kecil ikut dengan Anda ke supermarket, akan terjadi banyak hal. Misalnya ia bersembunyi di balik rak-rak barang atau di bawah eskalator yang bisa membahayakan dirinya, berteriak kencang sambil menangis histeris jika Anda tidak menuruti keinginannya untuk membelikannya sesuatu, atau sering meminta Anda membawanya ke toilet untuk buang air kecil maupun buang air besar. Repot, deh!

 

Tapi, bagaimanapun juga, Anda tidak mungkin tidak pergi berbelanja kan? Nah, jika Anda terpaksa membawa Si Kecil ke supermarket, coba tips berikut agar Anda bisa berbelanja dengan nyaman dan senang!

1. Pastikan Si Kecil memiliki mood yang baik. Sebelum berangkat, ia harus kenyang dan tidak sedang sakit perut atau tidak enak badan. Tidak ada yang lebih “menakutkan” dari pergi bersama buah hati yang lapar dan rewel sepanjang hari.

2. Jangan ragu untuk mencari “bantuan”. Ajak seseorang, misalnya keponakan atau kerabat Anda yang bisa membantu Anda menjaga Si Kecil, sementara Anda sibuk memilih-milih barang belanjaan.

3. Siapkan daftar belanjaan sebelum Anda melangkah ke luar rumah. Catat semua kebutuhan yang akan Anda beli dan di lorong mana barang-barang itu berada. Untuk kebutuhan makanan beku seperti nugget, sosis, atau bakso, ada baiknya Anda memasukkan terakhir ke troli agar tetesan airnya tidak mengotori barang-barang lain terlalu lama.

4. Sebelum pergi ke pasar swalayan, Anda dan Si Kecil harus membuat “perjanjian damai”. Katakan padanya bahwa Anda akan membeli aneka makanan, kebutuhan mandi, dan buku. Jangan pernah menggunakan kalimat negatif seperti, “Kita tidak akan membeli permen atau mainan.” Kalimat ini akan menjadi “ide brilian” untuk mereka merengek dan meminta Anda mengabulkan permintannya. Jika ini sudah terjadi, Anda harus punya trik khusus untuk berkata “tidak” dengan senyuman.

5. Ajak Si Kecil untuk masuk ke dalam troli belanja dan minta tolong ia untuk mengambilkan barang-barang yang ada dalam daftar belanja. Ketika ia berhasil membantu Anda tanpa menyenggol susunan barang di rak, puji Si Kecil atau kecup lembut dahinya dan katakan terima kasih.

6. Persingkat waktu belanja Anda di supermarket dengan langsung mengambil produk yang Anda beli tanpa perlu membandingkan dengan produk lain yang sejenis. Abaikan juga tawaran dari pramuniaga yang meminta waktu Anda untuk mendengarkan sedikit penjelasannya tentang produk mereka.

7. Bila balita Anda sudah berusia di atas 3 tahun, Anda bisa meminta bantuannya untuk memegang sekotak cereal dan sebungkus kripik kentang. Jika ia sudah berusia 5 tahun, mungkin Anda bisa memintanya untuk ikut mendorong troli perlahan-lahan. Cara ini akan membuat Si Kecil merasa “jasa”nya diperlukan, sehingga ketika lain kali Anda mengajaknya berbelanja, ia tidak membuat Anda repot tapi justru menolong Anda. Selamat berbelanja ya, Moms! (LD/Sagar/DT/Dok. M&B)