Type Keyword(s) to Search

Makanan untuk Otak Cerdas Si Kecil

Makanan untuk Otak Cerdas Si Kecil

Otak bayi sudah mulai terbentuk 3 minggu setelah pembuahan. Asupan yang Anda konsumsi berperan penting dalam perkembangannya lho, Moms. Otak bayi mengalami perubahan krusial pada minggu 24-42 kehamilan dan berkembang signifikan terjadi dari minggu ke-34. Ada beragam nutrisi yang dapat membantu tumbuh kembang otaknya, berikut penjelasannya.

 


Sarden Kaya akan DHA yang penting untuk otak dan sistem saraf pusat. Namun sarden cenderung mengandung merkuri. Bagi ibu hamil agar kebutuhan nutrisi ini tercukupi, disarankan mengonsumsi ikan terutama yang mengandung minyak sebanyak 2 porsi setiap minggu.

Kacang lentil Mengandung zat besi yang penting untuk memproduksi zat kimia di otak dan membentuk myelin yang berperan mengirim pesan dengan cepat dan secara akurat ke otak. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan gangguan perkembangan mental. Ibu hamil membutuhkan zat besi sebanyak 14,8 mg setiap hari. Mengonsumsi kacang lentil bersama vitamin C dapat meningkatkan zat besi dalam tubuh.

Greek Yoghurt Kaya akan yodium. Menurut WHO kekurangan yodium saat hamil dapat menyebabkan masalah mental. Semua jenis yoghurt mengandung yodium namuan greek yoghurt juga kaya protein untuk mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah.

Bayam Kaya asam folat. Anda tentu sudah tahu dengan khasiat asam folat. Asam folat sebagai antioksidan dapat melindungi otak bayi dari kerusakan. Disarankan ibu hamil memenuhi asupan asam folat sebanyak 400 mcg setiap hari. Sekitar 180 g bayam mengandung 262,8 mcg asam folat.

Telur Mengandung kolin yang berperan meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar seumur hidup.

Kacang Brasil Mengandung selenium, jika kekurangan zat ini dapat memengaruhi perkembangan otak bayi Anda. Selain selenium juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal.

Kacang Sumber vitamin E. Kacang adalah cemilan yang tepat saat hamil. Selain itu kaya protein dan mengandung lemak tunggal tak jenuh dan folat. Kandungan vitamin E-nya memproteksi membran sel otak. Ibu hamil harus mencukupi kebutuham vitamin E sebanyak 3mg setiap hari yang bisa didapat dari selai kacang.

Biji Labu Kaya akan seng (zinc) yang penting untuk membentuk struktur otak dan dan mengaktifkannya untuk menerima dan memproses informasi. Anda membutuhkan 7mg seng setiap hari selama hamil.

(Meiskhe/DT/dok.MB)


Read Next

More Frombump to birth