Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Penyakit yang Datang Kala Hamil

Penyakit yang Datang Kala Hamil

Secara alami terjadi perubahan fisik dan psikologi saat hamil. Pada masa-masa ini rentan terjadi penurunan daya tahan tubuh sehingga mudah terkena penyakit. Lalu penyakit apa yang perlu diwaspadai saat hamil, Moms? Berikut beberapa penyakit yang secara umum bisa menyerang Anda.

 

 

Diabetes gestasional Pada ibu hamil saat usia kehamilan di atas 6 bulan glukosa dalam darah akan meningkat melebihi normal. Sebagian orang beranggapan hal ini alamiah bagi setiap ibu hamil dan biasanya kembali normal pasca melahirkan. Namun jika tidak ditangani dengan baik penderita bisa mengalami diabetes tipe 2.

Infeksi saluran kemih Anda berisiko terkena ketika usia kehamilan 6 sampai 24 minggu.
Infeksi jamur. Sebagian orang menganggap hal ini alamiah dan biasanya terjadi saat usia kehamilan memuasuki trimester kedua.

Batu empedu (gallstone/bilestone) Kadar estrogen yang tinggi selama 9 bulan kehamilan menimbulkan peningkatan kadar kolesterol. Kolesterol tersebut tidak bisa dipertahankan dalam bentuk cair sehingga terjadi kepadatan yang disebut batu empedu.

Deep vein thrombosis (DVT) Risiko penggumpalan darah pada vena semakin meningkat selama kehamilan dan 6  minggu paska melahirkan. Perubahan pembuluh darah saat hamil menyebabkan Anda terkena DVT.

Tukak lambung (ulkus) Penyakit ini sebenarnya kurang umum, karena setiap wanita yang memiliki sakit maag parah, lambungnya memproduksi asam yang sedikit pada saat hamil.

Radang panggul (pelvic inflammatory disease (PID) Peradangan disebabkan infeksi bakteri yang masuk ke vagina dan bergerak ke rahim melalui tuba falopi. Risiko infeksi ini berkurang saat selaput lendir telah disegel pada  serviks dan biasanya terjadi pada usia kehamilan pada pertengahan trimester pertama.

 

(Meiskhe/DT/dok.MB)