Type Keyword(s) to Search
BABY

Bahaya Virus Saluran Pernapasan Pada Bayi

Bahaya Virus Saluran Pernapasan Pada Bayi

Respiratory Syncytial Virus (RSV) merupakan jenis virus yang menyerang saluran pernapasan bagian atas dan banyak menyerang bayi berusia kurang dari tiga tahun. Tidak berbeda dengan flu pada umumnya, RSV juga bisa menular lewat udara dan sentuhan. Apabila bayi Anda serin dititipkan pada tempat penitipan atau child daycare di mana ada cukup banyak batita, cenderung rentan terjangkit virus RSV, terutama jika kondisi cuaca dingin atau lembap.

 

Bayi prematur dan bayi yang lahir dengan penyakit jantung atau paru-paru lebih rentan menderita RSV, sehingga menjadi cukup berbahaya dan berisiko hingga kematian. Gejalanya hampir sama dengan flu biasa, namun RSV cenderung lebih banyak mengeluarkan ingus, lebih susah bernapas, batuk berdahak, dan suhu badan lebih tinggi ketika demam.

 

Selain itu bayi yang terserang RSV akan menunjukkan gejala dehidrasi, seperti menolak minum, kulit kering, dan tidak buang air kecil selama 6 jam. Segera konsultasikan ke dokter apabila Si Kecil menunjukkan gejala-gejala tersebut.

 

(Deonisia/DT/dok.M&B UK)