Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Mengajarkan Sopan Santun di Tempat Umum

Mengajarkan Sopan Santun di Tempat Umum

Menanamkan perilaku baik terhadap seorang anak harus dilakukan agar ia tumbuh menjadi manusia yang berkualitas di masa depan. Menurut Brazelton, ahli perkembangan dan perilaku anak dari Amerika, apa yang diajarkan orangtua kepada anak pada awal kehidupannya (usia 0-3 tahun) akan membentuk perilaku dan memengaruhi perkembangan karakternya di masa depan. Perilaku itu juga sangat erat kaitannya dengan etika. Oleh karena itu, Anda harus mengajari Si Kecil beretika sejak usia dini, termasuk saat berada di tempat umum.

 

Ada beberapa hal yang bisa Anda ajarkan saat mengajaknya ke area publik, seperti menjaga kebersihan, bagaimana berbicara sopan, tidak berlari-larian, serta kebiasaan mengantre. Beritahu Si Kecil bahwa ia tidak boleh berperilaku seenaknya di area umum. Tegaskan bahwa akan ada orang lain yang terganggu dan tidak nyaman dengan perilaku mereka yang kurang baik.

 

M&B mengulasnya di edisi Mother&Baby September 2015. Simak juga bagaimana testimonial para Moms di Facebook Mother and Baby Indonesia tentang cara mengajarkan buah hati mereka bagaimana berperilaku di depan umum. (DC/Aulia/DT/dok.M&B)