Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Atasi Depresi Pasca Melahirkan

Atasi Depresi Pasca Melahirkan

Moms, apakah Anda salah satu yang merasakan baby blues secara berkepanjangan? Jangan-jangan yang Anda alami bukan baby blues, tetapi postnatal depression (PND) atau disebut juga depresi pasca melahirkan. Banyak orang yang masih bingung membedakan antara baby blues dan PND. Baby blues adalah perasaan murung, cengeng, lelah, atau cemas selama minggu pertama saat melahirkan. Perasaan ini akan terlewati dalam beberapa hari.

 

Berbeda dengan baby blues, PND cenderung lebih lama. Kebanyakan perempuan yang mengalami PND karena memiliki berbagai tantangan. Selain menjadi ibu baru, juga masalah seperti keuangan dan hubungan. Tanda-tanda PND juga berbeda bagi setiap ibu, namun umumnya bisa terlihat jika Anda mengalami perasaan sedih, tidak tertarik dengan apapun, sangat lelah dan tanpa energi, putus asa, rasa bersalah, kurang nafsu makan, serta cemas berlebihan. PND biasanya terjadi dalam beberapa bulan pertama setelah melahirkan terutama dalam 5 minggu pertama.

 

Untuk mengatasi depresi pasca melahirkan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

Berisitirahat lebih banyak. Cobalah beristirahat saat bayi Anda sedang tidur dan meninggalkan rutinitas yang menguras pikiran dan tenaga. Atau Anda bisa bersantai dengan mendengarkan musik untuk menenangkan pikiran.

Diet seimbang. Jangan membiarkan diri kelaparan dalam waktu yang lama untuk menghindari penurunan kadar gula darah. Makanan adalah sumber energi dan kekebalan tubuh sehingga mencegah tubuh merasakan lelah.

Berolahraga. Coba keluar rumah dan bawa bayi Anda berjalan-jalan. Anda juga bisa mengambil kelas yoga dan pilates.

Berbagi. Jika Anda terkena PND, kemungkinan Anda merasakan sendirian. Cobalah untuk bergabung dengan grup ibu yang akan membantu Anda untuk lebih terbuka.

Merawat diri. Sangat penting bagi Anda untuk menghargai diri Anda sendiri. Jangan membebani diri Anda dengan tugas-tugas yang tidak penting.

Goodluck, Moms!

(Meiskhe/DT/dok.M&B UK)