Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Persiapan Sebelum ke Day Care

Persiapan Sebelum ke Day Care

Kesibukan yang Anda miliki membuat daycare menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk menitipkan Si Kecil. Apalagi, jika pengasuh sedang pulang kampung atau pamit secara mendadak. Namun, membawa Si Kecil ke daycare terkadang tidak mudah, apalagi kalau ia belum terbiasa dengan suasananya. Berikut cara yang bisa Anda terapkan sebelum membawanya ke daycare.

 

1. Cari cara menyenangkan untuk berbicara tentang daycare pada Si Kecil. Anda dapat membacakan cerita menarik atau menggambar mengenai daycare dengan pensil warna atau krayon menggunakan warna-warna favorit Si Kecil.

 

2. Kunjungi daycare sebelum memutuskan untuk memilihnya. Ajak Si Kecil mengunjungi daycare yang Anda pilih, agar ia mengenal 'tempat tinggal' sementaranya. Biarkan ia beradaptasi dengan teman-teman di sana agar betah dan tidak menangis ketika Anda tinggalkan.

 

3. Jelaskan mengenai jadwal di daycare. Beri tahu Si Kecil mengenai jadwal harian yang harus ia lakukan. Jadwal itu antara lain jadwal makan dan camilan, tidur, serta bermain di luar ruangan.

 

4. Pamit sebelum meninggalkan Si Kecil. Jangan pernah sembunyi ketika Anda akan meninggalkan Si Kecil di daycare. Lebih baik katakan kepadanya bahwa Anda harus bekerja dan akan menjemputnya setelah selesai bekerja.

 

5. Bawa benda favorit Si Kecil. Selimut atau boneka kesayangan Si Kecil bisa menjadi 'obat' untuk menenangkannya menghadapi situasi yang baru di daycare. (Deonisia/DC/dok.MB)