Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Hypnobreastfeeding Bantu Ibu Menyusui Bayi

Hypnobreastfeeding Bantu Ibu Menyusui Bayi

Produksi ASI sedikit dan tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi bayi selalu menjadi momok bagi setiap ibu. Kecemasan ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut ya, Moms! Jika tidak diatasi dengan baik, Anda bisa mengalami stres hingga berujung depresi. Dampaknya, produksi ASI Anda pun menjadi tidak lancar.

 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecemasan ini adalah melakukan hypnobreastfeeding. Fonda Kuswandi S. Psi, konselor laktasi, clinical hypnotherapist, menjelaskan, “Persiapan menyusui mencakup 3 hal, yaitu fisik, pikiran, dan jiwa. Semua itu tidak bisa dipisahkan. Karenanya, mind set Anda berperan besar dalam proses menyusui. Jika Anda sudah pesimis dan merasa tidak mampu memberikan ASI untuk Si Kecil, jumlah ASI Anda pun akan terpengaruh. Hypnobreastfeeding sangat membantu ibu menyusui untuk memberikan sugesti positif bahwa ia mampu menyusui Si Kecil dengan baik."

 

Selain menghilangkan kecemasan dan ketakutan, hypnobreastfeeding juga dapat meningkatkan kepercayaan diri ibu dan menghilangkan baby blues. “Jangan lupa dukungan suami juga sangat diperlukan dalam proses menyusui, misalnya membantu mencuci breast pump dan botol ASIP, menyimpankan ASIP ke dalam kulkas, hingga memberikan ASI kepada Si Kecil saat sedang tidak menyusu langsung dari ibunya,” ujar Fonda dalam talk show Hypnobreastfeeding bersama Philips Avent di Mother&Baby Fair 2015, Balai Kartini, Jakarta, pada Jumat (16/10). (Sagar/DC/Dok. M&B UK)