Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Agar Si Kecil Tidak Bingung Bahasa

Agar Si Kecil Tidak Bingung Bahasa

Apakah Anda berniat menyekolahkan Si Kecil ke sekolah internasional? Biasanya, kekhawatiran pun akan muncul karena ia harus menggunakan 2 bahasa yang berbeda. Apalagi, jika Anda menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi sehari-hari. Menanggapi hal tersebut, Mindy Hudon, ahli patologi bahasa, mengatakan bahwa pengenalan 2 bahasa secara terus-menerus, apalagi di masa perkembangan Si Kecil, justru akan menguntungkan. Namun, Anda perlu mengajarkan kedua bahasa tersebut dengan cara yang tepat.

 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus menegaskan kepada Si Kecil kapan dan kepada siapa, ia bisa memakai bahasa utama dan bahasa keduanya. Misalnya, saat sekolah, ia harus berbahasa Inggris. Tetapi di rumah, ia harus menggunakan bahasa Indonesia. Mindy juga menambahkan, Anda bisa mengajarkan 2 bahasa itu dengan cara yang menyenangkan. Cara sederhana yang ia perkenalkan adalah dengan mengajak Si Kecil bermain atau membaca buku.

 

Pilih buku dengan bahasa utama yang diperlukan Si Kecil. Tunjukkan beberapa hal dari buku atau permainan itu dan gunakan bahasa kedua. Contohnya, "Ini kucing, bahasa Inggrisnya adalah?" Lalu, minta Si Kecil menjawab pertanyaan Anda. Cara tersebut akan membuatnya mudah memahami 2 bahasa dan membedakan kapan ia dapat menggunakannya. Agar Si Kecil dapat menguasai 2 bahasa yang berbeda, Anda juga harus memberikan perhatian lebih untuk membantunya mengasah kemampuan tersebut. (Deonisia/DC/Dok. M&B)