Type Keyword(s) to Search
BABY

Perawatan Mata Bintit pada Bayi

Perawatan Mata Bintit pada Bayi

Bintit atau timbil pada mata bayi disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus yang menginfeksi kelenjar minyak yang berada di dasar atau ujung tempat tumbuhnya bulu mata. Infeksi tersebut menyebabkan radang, serta pembengkakan karena nanah.

 

Pada dasarnya, mata bintit tidak berbahaya, namun akan membuat bayi tidak nyaman. Biasanya, bintit akan mengering dengan sendirinya dalam beberapa hari. Tetapi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan rasa tidak nyaman dan mempercepat bengkak tersebut mengering pada mata bayi Anda, seperti yang berikut:

 

Langkah 1
Basahi waslap bersih dengan air hangat (bukan air panas) dan kompreskan di bagian mata Si Kecil yang bintit. Walaupun ia akan sedikit meronta karena mungkin merasa tidak nyaman, usahakan agar Anda tetap mengkompres matanya selama kira-kira 10-15 menit. Lakukan hal ini 3-4 kali sehari.

 

Langkah 2
Cuci kelopak mata Si Kecil dengan kain lembut atau kapas bola bersih yang dibasahi air hangat, agar nanah yang ada di dalam bagian yang bengkak tidak menyebar.

 

Langkah 3
Cuci bersih tangan Anda setelah melakukan perawatan ini. Cuci pula tangan Si Kecil, untuk menjaganya tetap bersih jika sekali waktu ia menyentuh matanya yang terasa tidak nyaman karena bengkak. Biasanya, setelah nanah keluar, bengkak akan mengempis dan mengering.

 

Tips Mudah Merawat Bintit

  • Anda akan lebih mudah mengompres mata Si Kecil saat ia sedang tertidur.
  • Rasa hangat dari air kompresan akan mendorong nanah keluar menuju ujung bagian mata yang bengkak, membuatnya membuka, lalu keluar dan mengering lebih cepat, dibandingkan jika Anda membiarkan bengkak itu tanpa penanganan apa pun.
  • Jangan pernah memencet atau menusuk paksa bagian mata yang bintit. Selain akan menimbulkan rasa sakit dan perih, hal itu dapat menyebabkan infeksi yang lebih buruk.
  • Jika Si Kecil mengalami bintit hanya pada satu mata, jangan gunakan kain waslap yang sama untuk membersihkan kedua matanya setiap hari, karena bakterinya dapat menyebar dari mata yang satu ke mata yang lain, atau bahkan ke mata Anda. Dan sebaiknya Anda juga tidak memakai handuk yang sama dengan Si Kecil. (SDS/Sagar/DC/Dok. M&B)