Type Keyword(s) to Search
BABY

Bayi Anda Rewel? Tenangkan dengan Cara Ini!

Bayi Anda Rewel? Tenangkan dengan Cara Ini!

Ada beberapa hal yang dapat membuat bayi menangis dan rewel, seperti mencari perhatian Anda, bosan, popoknya basah, gatal, dan lainnya. Bagaimana cara menenangkannya? Simak tips dari buku Baby and Child: All Your Questions Answered berikut ini.

 

  • Gerakan. Gerakan sederhana, seperti mengayun bayi ke depan dan belakang dalam pelukan, dapat memberikan efek menenangkan baginya. Selain itu, coba ubah posisinya di tempat tidur. Biasanya, ia akan berhenti menangis setelah Anda melakukannya.

 

  • Beri kehangatan. Bayi akan berhenti rewel ketika Anda memberinya kehangatan, seperti dengan memeluk erat tubuhnya. Jika ia gelisah dan tidak mau diangkat, biarkan ia berbaring di boksnya, sementara Anda mengelus pipi dan dahinya.

 

  • Suara dan nyanyian. Anda mungkin akan merasa takjub karena nyanyian Anda bisa menenangkan Si Bayi. Suara dan nada penuh kasih sayang akan menarik perhatiannya. Beberapa bayi juga menyukai suara latar yang konstan, seperti suara kipas angin, AC, atau mesin cuci.

 

  • Hiburan. Ketertarikan terhadap benda tertentu dapat membuat bayi lupa akan kegelisahannya. Karena itu, berikan ia mainan ketika sedang rewel dan ia pun akan kembali riang.

 

  • Perhatikan teknik menggendong. Setiap menggendong bayi, sebaiknya lakukan teknik yang konsisten sebelum berganti ke posisi lain. Jika Anda selalu melakukan teknik menggendong yang berbeda, ia tidak akan terbiasa dan ini dapat membuatnya rewel. Karenanya, berikan jeda waktu beberapa lama jika ingin mengubah posisi menggendong. (Lydia Natasha Hadiwinata/DC/Dok. M&B)