Type Keyword(s) to Search

Tips Memberikan ASI Perah kepada Si Kecil

Tips Memberikan ASI Perah kepada Si Kecil

Ketika harus kembali bekerja dan terpaksa meninggalkan bayi di rumah, bukan berarti Anda juga harus berhenti memberikan ASI ya, Moms! Anda bisa memompa ASI dan melatihnya untuk minum secara bertahap. Hal ini perlu dilakukan supaya bayi terbiasa menerima ASI tidak secara langsung dari Anda. Berikut tip yang bisa dilakukan:

 

1. Jangan tunggu bayi menangis atau terlalu lapar, khususnya saat latihan menerima ASIP.

 

2. Lakukan latihan secara bertahap dan sejak jauh hari sebelum Anda benar-benar harus meninggalkan Si Kecil untuk bekerja. Hal ini diperlukan agar pengasuh tidak merasa terdesak untuk memberikan ASIP kepadanya.

 

3. Mulailah latihan secara bertahap. Anda bisa memulai dengan 1 sesi minum ASIP dalam sehari. Kemudian lanjutkan 2 sesi, 3 sesi, dan seterusnya.

 

4. Jika perlu, sediakan berbagai alternatif media agar pengasuh dan bayi dapat memilih yang paling nyaman. Media tersebut bisa berupa botol bayi, cangkir, gelas kecil, pipet, soft cup feeder, training cup, atau sippy cup.

 

5. Saat latihan dilakukan, Anda sebaiknya tidak berada di dekat bayi agar ia mengenal situasi bahwa ASIP diberikan saat ia sedang tidak bersama ibunya. Namun ingat, jika Anda berada di dekat bayi, ASI harus diberikan secara langsung! (Deonisia/DC/Dok. M&B)