Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Serba-serbi Back Labor

Serba-serbi Back Labor

Pernahkah Anda mendengar istilah persalinan punggung atau back labor? Persalinan punggung ini terjadi jika janin berada pada posisi posterior, yakni wajah bayi menghadap ke depan dan bagian belakang kepalanya menekan tulang kelangkang atau tulang pinggul bagian belakang ibu.

 

Heidi Murkoff, penulis What to Expect When You're Expecting mengatakan, Anda dapat mengalami nyeri hebat, baik ketika kontraksi maupun setelah selesai bersalin. Tetapi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan tersebut. Apa saja?

 

 

  • Ubah posisi Anda dengan berjalan-jalan saat jeda kontraksi. Anda juga dapat berjongkok, bertumpu pada kedua tangan dan kaki, atau melakukan apapun dapat menyamankan Anda. Jika sudah tak kuat berdiri, berbaringlah menyamping dengan menekuk punggung seperti posisi janin.

 

  • Minta pendamping atau perawat untuk memberikan kompres hangat, bantalan pemanas, atau kompres dingin untuk meredakan nyeri yang dirasakan.

 

  • Minta pendamping persalinan untuk mencari titik tekan yang dapat mengurangi rasa nyeri Anda. Tekanlah dengan buku jari, telapak tangan, bola tenis, atau pemijat punggung. Berikan tekanan atau pijatan kuat dengan gerakan memutar. Gunakan krim atau minyak pijat untuk mengurangi kemungkinan iritasi.

 

  •  Lakukan meditasi dengan memikirkan hal-hal yang menyenangkan. Bayangkan senyum manis Si Kecil ketika lahir, pantai yang indah, atau makanan kesukaan yang dapat Anda santap setelah bersalin nanti. (Lydia Natasha Hadiwinata/DC/Dok. M&B UK)