Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Tren Kehamilan di 2016

Tren Kehamilan di 2016

Seiring berkembangnya zaman, tren kehamilan dan pengasuhan anak juga ikut berkembang. Sekarang, kebanyakan orangtua adalah generasi milenial. Orangtua yang modern, inovatif, dan bergantung pada teknologi adalah ciri orangtua generasi ini. Di tahun yang baru, diprediksi ada beberapa tren seputar kehamilan dan persalinan. Beberapa tren ini sudah ada sejak tahun lalu dan bertahan. Berikut penjelasannya.

 

1. Memilih Jenis Kelamin Bayi
Beragam metode dapat dilakukan untuk memperbesar peluang dan kemungkinan mendapatkan bayi dengan jenis kelamin yang diinginkan. Tren ini disebut banyak dilakukan dengan beberapa cara, seperti mengetahui waktu subur, ketahui pH vagina, atur posisi hubungan intim, serta memilih makanan.

 

2. Babymoon
Menurut Kitzinger, babymoon adalah honeymoon sebelum melahirkan Si Kecil. Jika honeymoon dilakukan setelah menikah, babymoon dilakukan saat hamil. Di masa inilah, Anda dan pasangan dapat menikmati ketenangan di tempat-tempat liburan sebelum menjadi orangtua dan kekurangan waktu tidur demi mengurus Si Kecil. Babymoon bisa membawa dampak positif bagi Anda dan pasangan. Saat babymoon, Anda bisa memaksimalkan waktu berdua.

 

3. Crowd Birth
Dulu, proses melahirkan adalah sebuah privasi. Hanya ada ibu yang melahirkan, suami, dan tenaga kesehatan yang membantu. Namun seiring dengan kemajuan zaman, tak sedikit ibu yang 'mengundang' banyak kerabat, teman, hingga orang asing dalam proses persalinan. Mereka memberikan live report lewat media sosial saat bersalin. Proses ini dikenal dengan istilah Crowd Birth.

 

4. Baby Shower
Generasi milenia suka sekali berkumpul dan mengadakan acara-acara yang menyenangkan dengan tema yang unik. Hal ini terbawa hingga mereka menjadi orangtua. Sebenarnya, konsep baby shower hampir sama dengan 7 bulanan, yaitu merayakan kehamilan. Hanya saja, baby shower lebih modern dan santai, tak terlalu religius dan tak mengikuti adat. Tema yang sedang digemari adalah retro.

 

5. Memilih Metode Persalinan
Ada banyak metode persalinan yang bisa Anda pilih. Sebut saja, persalinan per vaginam, Caesar, water birth, hypnobirthing, dan lain-lain. Tak jarang, ibu meminta dokter menjalani metode persalinan tertentu.

 

6. Foto Kehamilan
Untuk mengabadikan momen kehamilan yang berharga, maternity photo menjadi pilihan banyak orang. Biasanya foto kehamilan ini dilakukan pada trimester akhir, ketika perut sudah besar. Agar foto kehamilan lebih laksimal, pastikan refleksi perasaan nyaman dan kebahagiaan sebagai calon ibu yang ada dalam diri Anda terlihat. (OCH/Aulia/DC/Dok. M&B)

 

Baca berbagai tren kehamilan yang masih hits di tahun 2016 lainnya di majalah Mother&Baby edisi Januari 2016!