Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Cara Memperbaiki Pelekatan saat Menyusui

Cara Memperbaiki Pelekatan saat Menyusui

Pelekatan yang benar merupakan salah satu kunci keberhasilan bayi menyusu pada payudara ibu. Bila payudara lecet, bisa jadi petanda pelekatan bayi saat menyusu tidak baik. Umumnya, ibu akan memperbaiki posisi pelekatan dengan melepaskan mulut bayi saat menyusu dan menempelkannya kembali.

 

Namun, cara tersebut ternyata tidak dianjurkan. Selain menambah rasa sakit dan luka pada puting, hal itu akan membuat ibu dan bayi frustasi. Daripada melepas dan mengulang pelekatan, lebih baik Anda memperbaikinya dengan cara mendorong bokong bayi ke tubuh Anda. Kepala bayi pun akan mendongak dan hidungnya dalam posisi 'mengendus'.

 

Anda juga bisa menarik lembut dagu bayi, hingga sebagian besar puting masuk ke mulutnya. Jika cara tersebut tidak berhasil, jangan melepaskan bayi dari payudara dan melekatkannya secara berulang. Hal tersebut justru akan menimbulkan rasa sakit semakin menjadi pada puting Anda. Perbaiki pelekatan dengan menyusui menggunakan payudara lainnya atau di waktu menyusui berikutnya. (Deonisia/DC/Dok. M&B)