Type Keyword(s) to Search
BABY

6 Strategi Atasi Bayi Menangis

6 Strategi Atasi Bayi Menangis

Bayi menangis adalah hal yang sangat wajar. Namun, ketika bayi terus-menerus menangis, sementara Anda tidak bisa menenangkannya, Anda akan merasa lelah dan tidak jarang terpancing emosi. Ketika Anda emosi, berhenti sejenak untuk mendiamkannya agar tidak Anda lampiaskan kepadanya.

 

Letakkan bayi di dalam boks dan beristirahatlah! Sadari pula bahwa Anda tidak akan bisa menenangkan bayi saat marah dan kesal. Jika memungkinkan, berikan bayi Anda ke pasangan atau minta tolong orang di sekitar. Jika tidak ada orang yang bisa dimintai tolong, lakukan beberapa stategi berikut:

 

1. Dengarkan musik

Pilih musik yang menenangkan dan dengarkan melalui headphone sembari menenangkan bayi. Cara ini bisa meredam suara tangisannya, sehingga Anda lebih mudah mengatasi emosi yang muncul dari dalam diri.

 

2. Berjalan-jalan

Cara ini bisa membuat Anda lebih tenang karena suasana yang berbeda. Gerakan mengayun atau meletakkan bayi di kereta dorong bisa Anda lakukan saat menenangkannya.

 

3. Gendong bayi dengan kain

Cara ini mungkin tidak mengurangi tangisan bayi, tapi membuat Anda tetap dekat dengan bayi. Anda bisa mengayunkannya sambil melakukan kegiatan lain.

 

4. Bedong bayi

Beberapa bayi akan merasa nyaman saat dibedong dengan kain. Mungkin, karena kehangatan dari lilitan kain yang mengingatkannya pada suasana di rahim.

 

5. Biarkan mengisap jari Anda

Sebelum menggunakan cara ini, cuci bersih tangan Anda terlebih dahulu. Gerakan mengisap terkadang bisa menenangkan bayi, terutama saat mengalami kolik. Anda juga bisa menggunakan empeng untuk menggantikan jari Anda.

 

6. Hindari minuman kopi, teh, dan soda jika menyusui

Jika Anda memberikan ASI, hindari konsumsi kopi, teh, dan minuman bersoda selama 2 minggu. Perhatikan perubahan yang terjadi! (Deonisia/DC/Dok. M&B UK)