Type Keyword(s) to Search
TODDLER

6 Trik Melatih Keterampilan Bahasa Si Kecil

6 Trik Melatih Keterampilan Bahasa Si Kecil

Ada beberapa hal penting yang dapat Anda lakukan untuk menstimulasi kemampuan bahasa Si Kecil, seperti berikut ini:

 

1. Aktif komunikasi dengan bayi

Hal ini akan mengajarkan bayi bahwa komunikasi itu penting dan mendorongnya untuk dapat 'mengemukakan keinginannya' dengan jelas.

 

2. Dengarkan dengan cermat
Mendengarkan merupakan salah satu tahapan berharga bagi perkembangan bahasa Si Kecil. Kebisingan di sekitar cenderung menyulitkannya untuk 'tersambung' secara aktif dengan 'bahasa'.

 

3. Batasi tontonan televisi dan rekaman musik
Langkah ini juga dapat membantu proses berbahasa Si Kecil. Namun jangan berlebihan, karena justru dapat mengurangi kemampuannya dalam mendengarkan.

 

4. Lakukan interaksi verbal
Coba berinteraksi secara verbal dengan anak dan tanggapi apa yang menarik bagi mereka. Bantu Si Kecil untuk fokus pada makna kata dan pilih pola kata yang konsisten.

 

5. Interaksi dan ulangi kata
Cara ini bermanfaat untuk membuat Si Kecil merasa bahwa apa yang ia katakan menarik bagi orang lain. Jangan lupa, anak-anak menyukai pengulangan dari hal-hal yang sudah ia kuasai.

 

6. Baca buku
Dengan membaca buku, anak lebih bisa berkonsentrasi pada suatu bahasa. Ia suka mendengarkan orang dewasa berbicara tentang gambar-gambar yang dilihat.

 

Namun, Anda sebaiknya tidak menguji anak mengenai apa yang ia lihat, sebelum yakin ia bisa menjawabnya. Ketika Si Kecil merasa dirinya salah, ia cenderung takut mengeluarkan jawaban atau kata-kata. (Deonisia/DC/Dok. M&B)