Type Keyword(s) to Search
BABY

Lakukan Ini Jika Bayi Demam!

Lakukan Ini Jika Bayi Demam!

Suhu tubuh normal bayi adalah sekitar 36-37 derajat celcius. Jika melebihi, berarti ia terkena demam. Umumnya, demam terjadi karena bayi sedang melawan infeksi yang menyebabkan pilek, flu, radang tenggorokan, atau infeksi telinga. Imunisasi dan tumbuh gigi juga dapat membuat bayi demam.

 

Untuk mendeteksi demam, Anda bisa mengecek apakah alis, dada, atau punggung bayi terasa panas ketika disentuh, pipinya memerah, dan kulitnya lembap. Saat demam, matanya juga akan berkaca-kaca. Ia pun tampak gelisah, serta tidak nyaman. Namun untuk memastikan, Anda bisa menggunakan termometer digital untuk mengukur suhu tubuhnya.

 

Dilansir melalui M&B UK, untuk bayi berusia lebih dari 2 bulan, Anda dapat memberinya paracetamol untuk menurunkan demam. Sedangkan bayi 3 bulan ke atas, dapat diberikan ibuprofen. Selama demam, jangan memakaikannya baju tebal dan perhatikan asupan cairannya supaya tidak dehidrasi.

 

Jika bayi masih berusia di bawah 3 bulan dan demamnya mencapai lebih dari 38 derajat, atau berusia di bawah 6 bulan tetapi demamnya lebih dari 39 derajat celcius, Anda harus segera membawanya ke dokter. Begitu pula jika ia mengalami ruam atau selalu mengantuk. (Sagar/DC/Dok. M&B)