Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Perawatan Payudara saat Menyusui

Perawatan Payudara saat Menyusui

Saat mulai menyusui, Anda perlu memberikan perawatan khusus pada payudara. Hal ini tidak hanya berdampak bagi diri Anda, tetapi juga untuk Si Bayi yang sedang menyusu. Kebersihan menjadi salah satu faktor paling penting untuk diperhatikan.

 

Anda sebaiknya membeli sedikitnya 2 bra khusus menyusui dan jaga kebersihan payudara dengan baik. Cuci payudara setiap hari dengan air bersih. Ingat! Jangan menggunakan sabun karena justru akan menghilangkan lemak dari kulit dan memicu timbulnya luka pada puting. Rawat payudara dengan hati-hati, jangan menggosoknya hingga kering, cukup tepuk saja dengan handuk bersih.

 

Angin-anginkan sejenak puting Anda setelah menyusui. Gunakan breast pad di dalam bra untuk menyerap ASI yang mungkin keluar. Gantilah pad sesering mungkin supaya tidak lembap. Untuk menghindari luka pada puting, Anda bisa meneteskan minyak zaitun, krim hypericum, dan celendula ke pad tersebut.

 

Kebocoran payudara sering menimbulkan rasa malu dan tidak nyaman. Hal ini juga bisa menyebabkan puting menjadi luka dan menodai pakaian. Breast pad menjadi salah satu solusi yang mudah digunakan. Anda cukup menyelipkan di cup bra untuk menyerap ASI yang bocor. Jangan biarkan pad yang basah terlalu lama dalam bra. Jika puting Anda terasa sakit, gunakan krim khusus yang aman dan lembut. Aplikasikan sesering mungkin, terutama setelah menyusui. (Deonisia/DC/Dok. M&B)