Type Keyword(s) to Search
BABY

6 Trik Jitu untuk Menggunting Kuku Bayi

6 Trik Jitu untuk Menggunting Kuku Bayi

Menjaga kebersihan bayi sangat penting, termasuk kebersihan kukunya. Namun hal ini terkadang terasa sulit dilakukan, apalagi jika Anda adalah ibu baru. Mother&Baby akan memberikan tipsnya untuk Anda.

 

1. Gunakan gunting kuku khusus bayi. Gunting ini biasanya berbentuk melengkung, sehingga memudahkan Anda saat menggunting kukunya. Gunting kuku khusus bayi aman digunakan dan dapat memperkecil risiko cedera.

 

2. Guntinglah kuku saat bayi sedang tidur atau sehabis mandi. Saat tidur, ia tidak bergerak banyak, sehingga Anda bisa lebih leluasa menggunting kukunya. Sementara setelah mandi, kukunya masih lunak karena terkena air dan memudahkan Anda untuk mengguntingnya.

 

3. Gunting kuku Si Bayi perlahan-lahan. Jika tangannya masih mengepal, buka sedikit demi sedikit. Bersihkan jari dan kukunya menggunakan cotton buds yang dicelupkan ke air bersih. Apabila ada kotoran di sela-sela jari dan kukunya, bersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menggunting kukunya.

 

4. Saat menggunting kuku bayi, bentuk seperti kurva yang mengikuti lekuk jarinya. Untuk jari kaki, gunting dengan potongan lurus. Jangan gunting terlalu pendek ya, Moms!

 

5. Jangan menggunting kuku bayi terlalu dalam agar tidak terluka. Jika terluka, ia akan rentan terkena infeksi atau cantengan.

 

6. Ajak bayi berinteraksi saat Anda sedang menggunting kukunya. Berbicara atau bernyanyilah agar ia tidak takut dan menangis saat kukunya digunting. (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)