Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

5 Cara Alami Ringankan Nyeri saat Bersalin

5 Cara Alami Ringankan Nyeri saat Bersalin

Saat bersalin, Anda tentu akan merasakan nyeri yang cukup hebat. Jika Anda tidak mau memakai obat-obatan untuk mengurangi rasa nyeri, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Ini tipsnya:

 

1. Minta pasangan untuk memijat punggung dan bahu Anda ketika bersalin. Pijat dengan lembut dan perlahan-lahan, agar otot-otot Anda rileks. Jangan lupa untuk mengubah posisi sesering mungkin untuk mengurangi rasa sakit.

 

2. Letakkan kantung es di punggung Anda untuk memberi rasa nyaman. Anda juga bisa menggunakan bola tenis untuk memijat bagian punggung dan panggul. Gulirkan bola untuk melemaskan otot dan menyamankan tubuh Anda.

 

3. Saat kontraksi sudah cukup sering dan kuat, cari waktu di antara kontraksi untuk beristirahat dan menarik napas panjang. Buat diri Anda serileks mungkin, agar tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit. Bayangkan hal yang indah seperti pemandangan alam yang menenangkan atau wajah lucu Si Kecil yang akan hadir sebentar lagi.

 

4. Saat bersalin, tarik napas panjang dan embuskan melalui mulut. Dengan mengatur napas yang baik, Anda dapat mengontrol tubuh agar tenang dan tidak tegang.

 

5. Jika Anda merasa terlalu panas dan berkeringat, seka diri Anda dengan handuk basah yang sejuk. Kemudian, ucapkan kalimat positif dalam hati Anda, seperti "Saya pasti bisa", "Saya akan lihat wajah lucu Si Kecil sebentar lagi", atau "Ini akan segera selesai". Hal ini akan membantu mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan. (OCH/Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)