Type Keyword(s) to Search
BABY

Inilah Solusi bagi Bayi Bingung Puting

Inilah Solusi bagi Bayi Bingung Puting

Bingung puting merupakan kondisi yang bisa dialami oleh bayi usia 0-5 bulan. Kondisi ini sebaiknya segera diatasi, karena dapat membuat bayi tidak mau menyusu langsung dari payudara ibu. Jika ini terjadi, produksi ASI pun akan berkurang. Berikut solusi bagi bayi yang bingung puting:

 

Susui langsung
Salah satu hal yang menyebabkan bayi mengalami bingung puting adalah diperkenalkan pada botol sejak dini. Karenanya, singkirkan botol susu dan mulailah menyusuinya secara langsung. Apalagi kalau bayi baru berusia 0-3 bulan, urungkan niat Anda untuk memberikan ASI dari botol susu atau dot.

 

Terus tawari bayi untuk menyusu langsung dari payudara Anda. Sebaiknya, Anda juga segera menyusui jika ia lapar atau haus, serta mengantuk, sehingga ia tak bisa 'menolak'. Jangan pernah menyerah, karena bayi akan belajar bagaimana cara menyusu dengan benar jika Anda terus melatihnya.

 

Gunakan sendok
Anda dapat mengajari bayi minum ASI menggunakan sendok atau cup feeder, agar tidak bingung puting. Awalnya, hal ini tentu saja tidak mudah, tetapi Anda harus sabar dan telaten saat melakukannya. 

 

Konsultasi dengan Ahli

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan untuk bayi bingung puting adalah konsultasi ke ahli laktasi. Ia akan mengajari Anda cara menyusui yang benar, sehingga bayi pun merasa tenang dan nyaman saat harus mengisap payudara Anda. (Seva/DC/Dok. M&B)