Type Keyword(s) to Search
BABY

6 Aturan Pemberian Susu Formula

6 Aturan Pemberian Susu Formula

ASI memang yang terbaik untuk Si Kecil. Namun, karena beberapa alasan, tidak semua ibu dapat memberikan ASI untuk Si Kecil. Kalau sudah begini, susu formula pun menjadi alternatif untuk sumber nutrisi anak. Walau begitu, tetap ada tata cara penggunaan susu formula yang harus Moms ketahui. Hal ini penting, mengingat susu formula tidak memiliki imunitas seperti ASI. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang susu formula.

 

1. Tidak Steril

Susu formula tidak steril, karena itu Anda harus memastikan susu tersebut cocok untuk Si Kecil. Bayi di bawah usia 2 bulan, lahir prematur, atau memiliki gangguan imunitas sebaiknya tidak diberi susu formula bubuk. Namun kini di beberapa negara sudah ada susu formula cair siap saji yang sudah steril.

 

2. Sterilkan Peralatan

Karena alasan yang sama, Anda juga sebaiknya selalu mensterilkan peralatan menyusui Si Kecil, seperti botol, dot, dan perlengkapan dalam botol.

 

3. Gunakan Air Panas

Pastikan juga Anda menggunakan air dengan suhu 70º Celcius, agar bakteri dalam susu formula mati.

 

4. Daya Tahan

Susu formula hanya bertahan 2 jam dalam suhu ruangan. Jadi pastikan Si Kecil meminum susunya sebelum rentang waktu tersebut. Jika masih ada sisa, lebih baik dibuang.

 

5. Hindari Microwave

Jangan menggunakan microwave untuk menghangatkan susu, karena akan ada hot spot yang dapat membakar lidah Si Kecil.

 

6. Tidak Harus Habis

Jangan memaksa Si Kecil menghabiskan susu yang sudah Anda siapkan. Hal ini dapat memicu kelebihan berat badan. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)