Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Nutrisi Pereda Sakit Menstruasi

5 Nutrisi Pereda Sakit Menstruasi

Saat menstruasi datang, terkadang tubuh Anda mengalami beberapa gangguan, mulai dari cepat lelah, perubahan suasana hati, hingga kram perut. Kondisi tersebut memang sangat mengganggu aktivitas ya, Moms. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi, seperti yang dilansir melalui Rd.com, ada 5 nutrisi yang perlu Anda konsumsi untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Yuk, konsumsi makanan yang kaya akan 5 kandungan ini:

 

1. Kalsium
Penelitian membuktikan bahwa kalsium dapat mengurangi kram saat menstruasi, mengurangi kembung dan retensi air. Selain itu, makanan yang mengandung kalsium juga dapat membangun mood dan meningkatkan konsentrasi. Beberapa makanan yang mengandung kalsium: susu, yogurt, keju, almond, brokoli dan sayuran hijau lainnya.

 

2. Serat
Makanan yang mengandung serat tinggi dapat mengurangi rasa kram dan kembung pada perut saat menstruasi. Selain itu, sistem pencernaan Anda juga lebih lancar. Beberapa makanan yang kaya serat adalah: kacang, blackberry, biji chia, ubi jalar, serta biji-bijian.

 

3. Zat Besi
Terkadang ada beberapa wanita yang mengalami menstruasi hingga merasa cepat lelah, perubahan suasana hati (mood swing), hingga anemia. Dalam keadaan ini, Anda dapat makan makanan yang mengandung zat besi, seperti kacang-kacangan, daging sapi, dark chocolate, domba, dan sayuran hijau.

 

4. Magnesium
Carolyn Dean, MD, penulis buku The Magnesium Miracle mengatakan bahwa wanita yang menstruasi sangat menginginkan makan cokelat, karena cokelat membantu meringankan gejala PMS. Dengan mengonsumsi cokelat, gejala menstruasi seperti sakit kepala dan kram bisa berkurang, karena cokelat kaya akan magnesium. Makanan yang kaya akan magnesium adalah: alpukat, pisang, kacang-kacangan, dark chocolate, ikan, dan sayuran hijau.

 

5. Omega-3 dan Vitamin B12
Ketidaknyamanan akibat kram saat menstruasi dapat dikurangi secara signifikan dengan kombinasi asam lemak omega-3 dan vitamin B12. Kedua nutrisi penting ini mudah ditemukan di: telur, biji rami, kacang-kacangan, dan seafood. (Seva/TW/Dok. Freedigitalphotos)