Type Keyword(s) to Search
TODDLER

6 Tips agar Anak Tidak Mengompol

6 Tips agar Anak Tidak Mengompol

Moms, masalah anak ngompol tentu bukan hal baru lagi bagi Anda. Masalah ini memang wajar terjadi hingga anak berusia 3 tahun. Ngompol dikatakan tidak normal jika Si Kecil terjadi terus-menerus dan menetap di atas usia 5 tahun.

 

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ngompol harus ditangani dengan benar. Jika tidak, dampaknya adalah anak bisa terkena infeksi saluran kemih, stres, dan kurang percaya diri. Nah, untuk mengatasi ngompol pada anak, Moms bisa mengikuti beberapa saran dari IDAI berikut ini:

 

1. Buang Air Kecil Teratur

Sebaiknya, Moms bisa mengajarkan Si Kecil untuk rutin membuang air kecil setiap 2 jam sekali.

 

2. Hindari Kafein

Pastikan anak tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, karena dapat merangsang anak untuk sering buang air kecil.

 

3. Bangunkan untuk Pipis

Walau tidurnya nyenyak, tapi Moms perlu membangunkan anak di malam hari untuk menyuruhnya buang air kecil.

 

4. Minum Secukupnya

Di siang hari, pastikan Si Kecil sudah memenuhi kebutuhan tubuhnya akan air putih. Dengan begini, di malam hari, ia tidak perlu minum banyak dan akhirnya ngompol.

 

5. BAB Teratur

Salah satu cara untuk membuat Si Kecil bebas ngompol di malam hari adalah dengan memastikan ia sudah buang air besar secara teratur.

 

6. Konsultasi dengan Dokter

Jika anak kesulitan mengendalikan buang air kecil di pagi dan malam hari, sebaiknya Moms mengajaknya ke dokter untuk berkonsultasi. Dokter akan memberi resep obat-obatan tertentu jika diperlukan. (Tiffany/OCH/Dok. Freedigitalphotos)