Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Waktu Ideal Anak Bermain

Waktu Ideal Anak Bermain

 

Masa kecil memang masa yang paling menyenangkan, karena banyak dihabiskan untuk kegiatan bermain. Untuk anak-anak, bermain ternyata merupakan kegiatan penting untuk proses tumbuh kembangnya.

 

“Puncak kegiatan bermain anak ada di usia 2-6 tahun, yang disebut the play years. Anak justru belajar banyak tentang lingkungannya melalui kegiatan bermain,” ujar Roslina Verauli, M.Psi., Kamis (22/9)  saat peluncuran kampanye Bebelac dengan judul Bebehero HI-5 di Jakarta.

 

Untuk mengoptimalkan usia the play years, dianjurkan anak-anak bermain 5 jam dalam sehari. Di waktu-waktu tersebut, sebaiknya diisi berbagai kegiatan bermain yang variatif, dan seimbang antara bermain aktif dan pasif.

 

“Meskipun sudah memasuki usia bermain kooperatif dan asosiatif, kadang-kadang anak butuh bermain sendiri. Anda dapat menemaninya ketika Anda sudah siap, seperti saat emosi Anda sedang positif,” jelas Vera. Untuk variasi permainan anak berusia 1 tahun, Anda dapat membaca artikel Aktivitas Edukatif untuk Anak 1 Tahun. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)