Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Agar Anak Tidak Takut Bertemu Orang Baru

Agar Anak Tidak Takut Bertemu Orang Baru

 

Moms, apakah anak Anda takut atau menangis jika bertemu orang-orang baru? Memang ada karakter anak, terutama yang berusia 1-3 tahun, yang merasa takut jika diperkenalkan dengan orang-orang baru.

 

Namun Moms tidak perlu khawatir, karena menurut psikolog Anna Surti Ariani S. Psi., M. Psi., itu adalah hal yang wajar. "Justru itu tanda bahwa anak mengenali wajah-wajah yang familiar. Ia tahu mana wajah yang sering ia lihat, yang hanya dilihat sesekali, atau yang belum pernah ia lihat sebelumnya," ujar Anna, saat diwawancara di acara peluncuran kampanye SGM Eksplor “Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya” pada Selasa (27/9) di Jakarta.

 

Sebagai solusinya, Anna menyarankan untuk lebih sering mengajak anak bertemu orang baru agar ia lebih terbiasa. Ia juga mengingatkan orang tua agar tidak ikut panik. "Terkadang orang tua memeluk lebih erat. Anak dapat merasakan hal itu. Jadi longgarkan pelukan Anda," jelas Anna. Terakhir, Anda dapat lebih banyak tersenyum dan tenang agar anak tetap merasa aman saat berada di antara orang-orang yang baru ia kenal. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)