Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Ayo, Ajak Anak Bermain!

Ayo, Ajak Anak Bermain!

Masa anak-anak adalah masa untuk bermain. Jadi jangan sering melarang Si Kecil bermain ya! Selain menimbulkan rasa senang, ternyata bermain memberikan manfaat bagi perkembangannya. Apa saja perkembangan tersebut? Yuk, simak penjelasan dari Psikolog Anak dan Keluarga, Ajeng Raviando, M. Psi., berikut ini!

 

1. Fisik Motorik
Ketika bermain, anggota tubuh anak akan bergerak. Menggenggam, berjalan, berguling, dan gerakan lainnya akan melatih motorik, baik halus maupun kasar.


2. Sosial-emosional
Si Kecil akan belajar mengenali ekspresi dan emosi ketika bermain bersama keluarga atau temannya. Keterampilan ini ia pelajari ketika melihat orang lain tertawa jika senang, sedih saat kalah, bahkan marah saat kecewa. Dengan bermain, Si Kecil dapat mengekspresikan dirinya dengan tepat.


3. Kognitif
Banyak orang tua yang menginginkan anaknya sudah bisa berbicara sesuai tahapan usianya. Tetapi, tanpa mengajak Si Kecil bermain, target ini akan lebih sulit tercapai. Sebab melalui permainan, otak anak menjadi terstimulasi.


4. Bahasa
Sebagian besar penyebab anak terlambat bicara adalah karena terbiasa bermain sendiri, pasif, dan lebih suka menonton televisi. Semakin sering ia bermain bersama dengan orang lain, maka akan semakin banyak kata yang didengar dan diucapkan. Jadi, yuk Moms, ajak Si Kecil bermain! (Claudia Carla/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)