Type Keyword(s) to Search
BABY

Tip Mencuci Rambut Bayi

Tip Mencuci Rambut Bayi
bayi keramas

Tak hanya mandi, mencuci rambut tipis Si Bayi juga sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan tubuhnya secara maksimal. Anda harus melakukannya dengan sangat hati-hati dan memerhatikan beberapa hal, seperti suhu air dan sampo yang digunakan, keamanan saat berkeramas, hingga proses keramasnya. Untuk memudahkan, ikuti beberapa langkah berikut ini.

 

1. Ambil dan tuang sampo ke telapak tangan Anda secukupnya, sesuai dengan tebal atau tidaknya rambut Si Bayi. Oleskan sampo ke rambutnya dan gosokkan dengan lembut sampai berbusa. Hati-hati, jangan sampai busanya mengenai mata atau masuk ke telinganya.

2. Rendam tubuh bayi ke dalam bak mandi yang sudah diisi air hangat dan posisikan salah satu lengan Anda untuk menopang lehernya. Lakukan ritual cuci rambut bersamaan dengan memandikan Si Bayi, agar seluruh tubuhnya bersih.

3. Jaga agar kepala dan wajah si kecil tetap berada di atas permukaan air. Basuh tubuhnya dengan air, beri sabun secukupnya, dan gosokkan seluruh bagian tubuhnya secara perlahan. Lalu, bilas sampai bersih.

4. Setelah itu, bilas rambut Si Bayi dengan air hingga tidak ada busa sampo yang tersisa di kepalanya. Busa sampo yang tertinggal dapat mengakibatkan kerak pada kulit kepala bayi.

5. Setelah tubuh dan rambutnya bersih, angkat bayi dari bak mandi. Keringkan tubuhnya dengan handuk lembut dan bungkus, agar ia tidak kedinginan. Kemudian, bawa ia berpakaian. (Aulia/DC/dok. M&B)