Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Kenali Batuk Rejan pada Anak, Apa Obatnya?

Kenali Batuk Rejan pada Anak, Apa Obatnya?

Dijawab oleh dr.Yovita Ananta, Sp.A, spesialis anak dari Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta.


T: Halo Dok, anak saya baru berusia 1 tahun 5 bulan. Sekarang Si Kecil sedang batuk rejan dan pilek. Bagaimana cara mengobatinya ya, Dok?

 

J: Batuk rejan atau whooping cough merupakan penyakit infeksi saluran napas yang disebabkan oleh kuman Bordetella pertussis. Penyakit ini lebih sering dialami oleh bayi kecil kurang dari 6 bulan yang belum mendapatkan proteksi lengkap dari imunisasi. Batuk rejan ditandai dengan serangan batuk hebat yang diakhiri dengan suara "whooping" ketika anak mengambil napas atau anak terlihat seperti kesulitan bernapas.

 

Pada anak yang lebih besar, batuk rejan mungkin tidak seberat anak kecil (tidak ditandai dengan whoop), namun berupa batuk lama (prolonged cough). Apabila anak dicurigai mengalami batuk rejan, bawalah ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jika dokter menegakkan diagnosis batuk rejan, dokter akan meresepkan antibiotik karena penyakit ini disebabkan oleh bakteri.

 

Pertusis dapat menyebabkan komplikasi pneumonia, periode henti napas, dan dehidrasi sehingga sebagian anak dengan pertusis perlu dirawat di rumah sakit. Bila anak dirawat di rumah, ikuti petunjuk pemberian antibiotik dengan tepat. Pastikan anak cukup beristirahat. Pastikan lingkungan rumah bebas rokok dan semprotan aerosol maupun asap dari sumber lain. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)