Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Biaya Persalinan Normal vs Operasi Caesar, Mahal Mana?

Biaya Persalinan Normal vs Operasi Caesar, Mahal Mana?

Moms, ternyata biaya persalinan normal dan persalinan caesar cukup berbeda jauh. lho. Anda termasuk beruntung jika dapat bersalin secara normal karena biaya yang dibutuhkan lebih murah dibanding dengan operasi Caesar. Biasanya pemulihan berlangsung lebih cepat sehingga Anda tidak perlu menjalani rawat inap lama. Pemulihan hanya sekitar 4-6 jam dan keesokan harinya Anda sudah diperbolehkan pulang ke rumah. Pemberian obat-obataan pun diusahakan seminimal mungkin.

 

Menurut data dari beberapa rumah sakit, tarif persalinan normal paling murah di bawah kisaran Rp10 juta. Paling mahal di kisaran harga di atas Rp25 juta. Umumnya tarif ini disesuaikan dengan pilihan rumah sakit, fasilitas kamar, jasa pendamping yang Anda pilih, dokter atau bidan. Selain itu, tarif dapat bertambah apabila selama proses persalinan terdapat faktor penyulit, seperti bayi sungsang.

 

Sementara, biaya operasi caesar umumnya bisa 2 kali lipat dari persalinan normal. Tarifnya menjadi lebih mahal karena proses pemulihan cenderung lebih lama sehingga Anda membutuhkan rawat inap selama beberapa hari, sekitar 4-5 hari di rumah sakit. Selain itu, lebih banyak membutuhkan intervensi obat-obatan seperti anestesi, obat penghilang rasa sakit (epidural dan ILA), serta antibiotik untuk mencegah infeksi.

 


Beberapa rumah sakit menetapkan tarif operasi yang berviariasi sekitar Rp25-50 juta, tergantung rumah sakit dan fasilitas kamar yang Anda pilih. Perlu juga Moms ketahui, biasanya biaya operasi caesar kedua dan selanjutnya akan lebih mahal dari yang pertama, bahkan bisa 2 kali lipat. Hal ini disebabkan karena terjadi faktor penyulit yang memengaruhi tindakan pembedahan dari dokter.

 

Nah, setelah mengetahui perbedaan biaya kedua jenis persalinan ini, ada baiknya Moms mempersiapkan dana sedari hamil ya! (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)

BACA JUGA:

Berhubungan Intim Setelah Caesar

Sukses Melahirkan Normal Usai Caesar

Inisiasi Menyusui Dini Pasca Caesar