Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Hindari 6 Hal Ini saat Mengejan!

Hindari 6 Hal Ini saat Mengejan!

Melahirkan bayi tentunya butuh proses. Salah satu yang memengaruhi kelancaran proses persalinan adalah mengejan. Mengejan merupakan bagian penting dari persalinan normal. Sayangnya banyak ibu yang masih sering melakukan kesalahan dalam prosedur mengejan. Apa sebaiknya yang perlu dihindari?

 

1) Berteriak Super Keras

Berisik atau berteriak ketika persalinan normal sebetulnya sah-sah saja kok. Tetapi jangan sampai 7 oktaf alias melengking dan super kencang, ya! Pasalnya berteriak tanpa dikontrol dan tanpa disadari dapat membuat Anda kelelahan dan kehilangan kendali selama proses mengejan. Teriakan juga bisa menyebabkan pita suara Anda menjadi sakit dan membuat tidak nyaman. Cobalah mengeluarkan suara lebih pelan, sehingga Anda bisa mengatur napas dengan benar.

 

2) Menutup Mata Rapat-Rapat

Banyak wanita hamil sengaja memejamkan mata karena ingin fokus dalam mengejan. Padahal Anda seharusnya membuka mata lho. Tujuannya agar mata tidak mendapatkan tekanan yang bisa membuat pembuluh darah di selaput mata menjadi pecah. Jadi, jangan lupa tetap membuka mata dan arahkan pandangan ke arah bagian perut.

 

3) Mengejan Tanpa Aba-Aba Dokter atau Bidan

Biasanya dokter atau bidan akan meminta Anda untuk mengejan apabila pembukaan sudah kesepuluh. Tujuannya untuk menghindari pembengkakan atau edema pada mulut rahim. Oleh karena itu, jangan buru-buru mengejan sebelum dokter kandungan atau bidan meminta Anda untuk melakukannya.

 

4) Menahan untuk Mengejan karena Takut BAB

Secara alami, saat mengejan memang memungkinkan Anda untuk buang air besar. Atas dasar kekhawatiran itu, ada bumil yang akhirnya menahan mengejan karena takut BAB. Untuk itu, 24 jam sebelum proses melahirkan, tak ada salahnya Anda mengosongkan usus, baik secara alami atau mengonsumsi obat pencahar yang aman.

 

5) Mengangkat Panggul atau Bokong

Anda tentunya tak mau robekan perineum menjadi lebih lebar sehingga memerlukan jahitan lebih banyak di area jalan lahir, kan? Oleh karena itu, tak perlu mengangkat pantat atau bokong saat mengejan. Lebih baik rileks dan lemaskan bagian panggul ketika persalinan normal.

 

6) Bernapas Asal-asalan

Mempelajari teknik pernapasan yang benar di kelas senam hamil memiliki manfaat besar dalam proses mengejan. Jangan bernapas sembarangan atau asal-asalan. Tarik napas yang benar guna mengurangi rasa nyeri serta memberikan sumber energi untuk Anda. (Natasha/Meiskhe/HH/dok.Freepik)