Type Keyword(s) to Search
TODDLER

4 Langkah Mudah Melawan Kutu Rambut

4 Langkah Mudah Melawan Kutu Rambut

Biasanya, balita paling rentan terkena kutu rambut. Bahkan, menurut catatan Centers for Disease Control and Prevention sekitar 6-12 juta orang di dunia terserang kutu rambut setiap tahunnya. Kutu rambut adalah sejenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup di bagian kepala. Ia juga akan bertelur di sekitar rambut untuk berkembang biak.

 

Tentunya, bila di rambut Si Kecil terdapat kutu, ia akan sering merasa gatal, tidak nyaman dengan rambut, dan rasa gatal tersebut dapat membuatnya susah tidur. Dampak-dampak tersebut tentu dapat memengaruhi keceriaan Si Kecil, Moms. Untuk itu, atasi masalah kutu rambut dengan melakukan 4 langkah mudah berikut ini:


1. Periksa bagian terdalam dari rambut, seperti kulit kepala. Karena telur kutu biasa menempel di ujung rambut bagian kulit kepala.


2. Gunakan sampo khusus untuk membasmi kutu rambut. Carilah di beberapa toko obat sampo yang aman untuk kulit Si Kecil.


3. Setelah mencuci rambut, gunakan sisir beruas rapat untuk mengeluarkan telur yang berada pada kulit kepala ataupun rambut.


4. Ajari Si Kecil untuk tidak berbagi sisir, topi kepada teman untuk menghindari tertularnya telur. Jangan lupa bersihkan semua mainan yang berbahan kain agar kutu tidak bersarang disana. (Seva/TW/Dok. Freepik)