Type Keyword(s) to Search
BABY

5 Buah-buahan yang Tepat untuk Dijadikan Puree MPASI

5 Buah-buahan yang Tepat untuk Dijadikan Puree MPASI

Masuk masa MPASI, bayi mulai bisa diberikan makanan dengan tekstur lembut. Khususnya di usia 6 bulan, kenalkan Si Kecil pada berbagai jenis makanan, termasuk buah. Beberapa buah berikut ini bisa menjadi pilihan untuk dijadikan puree atau bahan makanan yang dilembutkan, sebagai makanan pendamping ASI.

 

1. Apel
Buah bulat berwarna merah ini menjadi yang paling favorit untuk anak bayi. Teksturnya yang sedikit kasar namun memiliki rasa manis mampu menarik Si Kecil untuk memakannya dengan lahap.

 

Kandungan gizi seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A, dan vitamin C dan mineral lainnya terdapat dalam apel yang sangat baik bagi pertumbuhan anak. Karena mudah dicerna, apel juga tidak menyebabkan alergi khusus pada Si Kecil.


2. Pisang
Memiliki aroma yang khas, pisang juga menjadi buah yang cukup disukai bayi. Teksturnya lembut dan halus, sehingga mudah dilumatkan dan dicerna oleh Si Kecil. Harganya pun relatif terjangkau dan mudah didapatkan di pasar tradisional maupun swalayan.

 

Untuk jenisnya, Moms bisa memilih pisang ambon, pisang emas, atapun pisang susu. Dan karena diperuntukan bagi bayi, maka pilih yang sudah matang agar tidak mengganggu pencernaannya.


3. Pepaya
Buah pepaya juga bagus dikonsumsi sebagai makanan pendamping ASI. Pepaya kaya akan folat, serat, dan vitamin A, C dan E. Kandungan serat dan enzim papin yang terdapat di dalam pepaya jua bagus untuk pencernaan bayi.

 

Pepaya sendiri menjadi salah satu buah yang dipilih sebagai obat alami saat mengalami sembelit atau masalah pencernaan pada orang dewasa juga.


4. Mangga
Mangga memiliki manfaat yang banyak, salah satunya untuk membantu perkembangan otak bayi. Dengan percampuran rasa manis dan masam yang segar, serta teksturnya yang cukup lembut, bisa menjadi salah satu buah favorit Si Kecil.


5. Jambu Biji
Salah satu varian jambu yang baik dikonsumsi Si Kecil adalah jambu biji. Buah ini memiliki vitamin C yang cukup tinggi dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Serat di dalamnya juga bisa menjaga kesehatan pencernaan anak.
(Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)