FAMILY & LIFESTYLE

8 Hal Penting Agar Anak Aman Di Kamar Mandi



Begitu bisa berjalan, menjelajah dan mengeksplorasi seluruh penjuru rumah pasti jadi kegiatan favorit Si Kecil! Dari semua ruangan, kamar mandi menjadi satu tempat yang paling menarik. Pasalnya, ia akan penasaran terhadap suara gemericik air atau benda yang tak lazim ia lihat seperti di ruangan lainnya.

Maka, alangkah baiknya jika Anda memerhatikan kamar mandi di rumah agar Si Kecil terhindar dari kecelakaan. Berikut ini beberapa tips mengamankan kamar mandi Anda dari anak:

1. Menurut penelitian, penyebab utama kecelakaan balita di kamar mandi adalah lantai licin. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah keramik yang tidak licin/kesat. Selain lantai, pemilihan keset juga perlu diperhatikan! Hindari keset yang membuat Si Kecil justru mudah terpeleset saat menginjaknya.

2. Letakkan kunci cadangan di tempat yang mudah dijangkau. Sehingga, jika sewaktu-waktu Si Kecil terkunci di dalam kamar mandi, Anda tidak panik dan bingung mencari kunci cadangan.

3. Perhatikan tata letak bath-up/bak mandi, kloset, shower dan sebagainya, sedemikian rupa agar kamar mandi tidak menjadi tempat yang rawan bagi Si Kecil. Hindari pemakaian sudut-sudut lancip pada bath-up/bak mandi yang dapat membahayakan anak.

4. Letakkan peralatan mandi, seperti sabun, pasta gigi, sampo, dan lain-lain pada satu lemari khusus yang bisa dikunci rapat agar Si Kecil tidak bisa membuka dan memainkan alat-alat tersebut.

5. Peralatan elektronik seperti hair-dryer harus benar-benar diletakkan di tempat yang aman dan jangan biarkan peralatan tersebut tersambung ke aliran listrik jika tidak sedang dipakai. Selain itu, tempatkanlah steker di area yang sulit dijangkau atau di area tersembunyi supaya tidak membahayakan Si Kecil.

6. Pasanglah pegangan pintu lebih tinggi dan lebih baik kunci kamar mandi saat tidak dipakai untuk menghindari Si Kecil masuk ke dalamnya dan melakukan eksperimen yang membahayakan, seperti misalnya memanjat bak mandi.

7. Jika menggunakan pemanas air, aturlah suhu pemanas maksimal 49o Celcius. Lebih rendah lebih baik, untuk menghindari risiko terbakar pada Si Kecil apabila dia tidak sengaja menyalakannya.

8. Bersihkan kamar mandi secara rutin! Selain supaya lantai tidak licin, hal ini berguna untuk menjaga kesehatan Si Kecil agar terhindar dari berbagai penyakit, mulai dari penyakit kulit sampai demam berdarah. (Dina Christin/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)