TODDLER

5 Cara Membuat Si Kecil Lebih Pintar



Setiap orangtua pasti ingin memiliki anak pintar, hingga berbagai usaha pun dilakukan untuk mewujudkannya. Tetapi, tahukah Anda? Apa yang Anda lakukan pada Si Kecil sejak ia lahir turut menentukan tingkat intelektualitasnya, seperti berikut ini.

1. Pemberian Nutrisi
ASI adalah makanan yang paling penting bagi otak Si Kecil. Riset dari Denmark menunjukkan, ASI dapat membuat bayi lebih sehat dan pintar. Penelitian tersebut juga membuktikan, bayi yang disusui ASI selama 9 bulan jauh lebih intelek dari bayi yang hanya minum ASI selama 1 bulan atau kurang. Saat ia sudah mulai mengonsumsi makanan padat, biasakan untuk tidak melewatkan sarapan, karena hal itu penting untuk meningkatkan kapasitas memori dan konsentrasi sepanjang hari.

2. Kenalkan pada Musik
Pelajaran musik bisa merangsang perkembangan otak kanan Si Kecil. Menurut studi di University of Toronto, pelajaran musik juga berguna untuk mengembangkan IQ dan performa akademiknya di sekolah.

3. Main Video Games.
Beberapa permainan video memang sarat kekerasan dan kurang mendukung kemampuan sosialisasi Si Kecil. Namun, jika Anda memilih mainan yang merangsang pemikiran strategi dan perencanaan, ia juga bisa belajar. Penelitian di University of Rochester menemukan bahwa anak-anak yang bermain video games dapat mengenali dan belajar melalui visual lebih cepat daripada mereka yang tidak. Tetapi waspadalah, jangan sampai Si Kecil ketagihan.

4. Olahraga Bersama

Studi dari University of Illinois menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara olahraga dengan pencapaian akademik pada murid-murid Sekolah Dasar. Jika Si Kecil bergabung pada olahraga permainan kelompok, ia juga akan belajar kerja tim dan kepemimpinan. Kepercayaan dirinya pun akan meningkat setiap kali timnya mencetak skor.

5. Pilih Permainan yang Merangsang Otak
Pilih permainan yang dapat melatih otak Si Kecil dan mentalnya, seperti sudoku yang menyenangkan sekaligus meningkatkan pemikiran strategi, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan yang rumit. (Aulia/DC/dok. M&B)