FAMILY & LIFESTYLE

Run To Care 2018, Dukung Pendidikan Anak Muda



Moms tentu berharap kelak ketika Si Kecil dewasa akan menjadi orang yang sukses. Karena itu, tak heran jika Anda memberikan pendidikan yang terbaik untuk Si Kecil. Namun, tahukah Anda berdasarkan Survei International Labor Organization (ILO) tahun 2016, tingkat pengangguran anak muda usia 15-24 tahun di Indonesia masih tinggi, mencapai 4 juta jiwa?

Tingginya jumlah pengangguran anak muda disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah ketidakmampuan mengakses pendidikan yang memadai, kurangnya keahlian dan pelatihan yang didapat, serta minimnya jaringan dan pengalaman kerja.

Tantangan ini terutama banyak dihadapi oleh pemuda yang telah atau berisiko kehilangan pengasuhan orangtua karena mereka tidak mempunyai dukungan serta tidak dapat mengandalkan jaringan orangtua mereka.

Sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang pengasuhan alternatif berbasis keluarga, SOS Children’s Villages yang berkomitmen memaksimalkan potensi anak muda dengan memberikan dukungan terbaik untuk mereka, kembali mengadakan Gelaran ultra-marathon Run To Care.

Sebanyak 275 pelari yang terpilih dari lebih 400 pendaftar siap menaklukkan rute tahun ini: Yogyakarta-Semarang. Jarak 150 KM yang akan ditempuh para pelari akan dimulai dari Museum Serangan Umum 1 Maret dan selesai di SOS Children’s Village Semarang melewati rute Godean-Borobudur-Ketep-Ambarawa-Banyumanik. Diberi waktu maksimal 40 jam, pelari akan berlari pada tanggal 10 Agustus 2018 pukul 22.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB di tanggal 12 Agustus 2018.

“Melalui ajang ini, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama para pelari untuk bersama-sama mendukung anak muda agar mereka bisa menjadi pribadi yang mandiri dan berkontribusi bagi masyarakat,” ungkap Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages Indonesia.

Mengambil momen Hari Pemuda Internasional, ajang tahun ini mengangkat tema #jadikananakmudahebat di mana dana yang terkumpul dari para donatur akan didedikasikan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pendidikan dan keterampilan yang memadai bagi 2.000 anak muda di SOS Children’s Villages Indonesia.

Mengusung konsep charity run, setiap pelari diharapkan dapat berlari sambil menggalang dana melalui situs crowdfunding, Kitabisa.com. Masyarakat secara luas bisa mendukung para pelari ini dengan melakukan donasi melalui runtocare.com/dukung atau kitabisa.com/partners/runtocare. Setiap rupiah yang didonasikan akan menjadi sumber semangat para pelari mencapai garis finish dan tentunya menjadi harapan bagi masa depan anak-anak Indonesia. Yuk, Moms dan Dads, Ikutan!(Vonda Nabilla/SW/Dok.SOS Children’s Villages Indonesia)