TODDLER

10 Fakta Seru tentang Natal yang Perlu Anak Ketahui



Natal telah tiba, saatnya menyambut kelahiran Yesus Kristus. Momen yang identik dengan warna merah dan hijau penuh keceriaan ini pun menjadi semakin meriah untuk anak-anak. Natal juga memiliki makna dan fakta yang menarik, dan bisa Moms bagikan kepada Si Kecil. Berikut ini fakta menarik mengenai Natal yang anak perlu ketahui:

1. Natal dijadikan hari libur setiap tahun dan dilaksanakan pada 25 Desember untuk merayakan kelahiran Yesus Kristus. Dan pada hari kelahirannya, bayi Yesus menerima hadiah dari tiga orang majusi yang mencari tempat kelahiran sang bayi. Tiga hadiah yang didapat sang bayi adalah emas, kemenyan, dan mur.

2. Dalam bahasa Inggris, Natal diartikan dalam kata Christmas atau X-Mas. X-Mas sendiri memiliki arti X sebagai Christ atau Kristus dalam bahasa Yunani, sehingga kata ini sering digunakan untuk menyingkat kata Christmas itu sendiri.

3. Pohon Natal juga dikenal dengan sebutan Pohon Yule. Dan biasanya identik dengan bentuk pohon cemara yang tumbuh dengan baik saat musim dingin tiba. Pohon Natal tertinggi pernah dibuat di Seattle, Washington, Amerika Serikat, pada tahun 1950. Tingginya mencapai 221 kaki, lho!

4. Dahulu, pohon Natal biasanya dihiasi makanan ringan seperti kacang-kacangan, apel, dan kurma. Dan masuk pada abad ke-18, barulah pohon Natal dihias dengan lilin indah nan cantik.

5. Hari Natal juga memiliki ciri khas, yaitu Sinterklas. Karakter ini muncul berdasarkan kisah Santo Nikolas yang mencintai anak-anak dan senang memberikan hadiah kepada mereka secara sembunyi-sembunyi.

6. Sinterklas dipercaya bisa melihat mana anak-anak yang berkelakuan baik atau buruk. Jika anak tersebut berkelakuan baik, maka ia akan membawakan hadiah kepada mereka di malam Natal (24 Desember).

7. Berbeda dengan yang berkelakuan baik, anak-anak yang bersikap buruk akan bertemu dengan sweterpit, karakter yang digambarkan hitam dan seram. Karakter ini akan mendatangi anak-anak dan menghukum mereka supaya berubah menjadi anak baik di tahun berikutnya.

8. Jika mendengar kata Sinterklas atau Santa Claus, pasti yang teringat adalah para rusa yang membawa kereta salju terbang ke angkasa. Ternyata, para rusa ini memiliki nama masing-masing. Rudolph menjadi yang paling dikenal dengan hidung merahnya, kemudian ada Cupid, Dancer, Vixen, Dunder, Comet, Dasher, Prancer, dan Blixem yang siap membantu menerbangkan kereta ajaib Sinterklas.

9. Salah satu tradisi saat Natal adalah menyanyikan lagu-lagu pujian dengan penuh sukacita. Tradisi yang populer di Inggris ini memiliki makna memberikan kesehatan dan keberuntungan pada seseorang. Santo Fransiskus dari Assisi pun mengubah tradisi ini ke dalam format yang lebih modern seperti menggunakan instrumen orkestra.

10. Jika Anda penasaran dengan hadiah Natal terbesar, tentunya ada dan dimiliki oleh Amerika Serikat. Hadiah tersebut adalah Patung Liberty atau ikon dari AS yang diberikan pada 1886 oleh Perancis.


Dari fakta di atas, manakah yang baru saja Moms dan Si Kecil ketahui? Dengan memberitahukan berbagai fakta tersebut, hal ini bisa menjadi pengetahuan untuk anak. Ia pun bisa membagikannya kepada teman-temannya yang juga siap menyambut Natal tahun ini! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)