FAMILY & LIFESTYLE

Astrid, Rajin Pompa ASI Demi Anak



Sibuk menyanyi tak membuat Astrid Sartiasari, 31, Sang Pelantun lagu Jadikan Aku Yang Kedua ini 'menyerah' memberi ASI kepada anaknya, Alec Djuara Djuwarsa, yang kini genap berusia 10 bulan. "Walaupun saat saya bekerja, Alec lebih banyak diasuh oleh nanny dan mama mertua, tetapi saya ingin terus memberikan ASI untuknya," ungkap istri Arlan Djoewarsa.

Diyakininya, ASI adalah salah satu bentuk investasi kesehatan untuk anak, hingga ia rela repot membawa perlengkapan pumping, seperti alat pompa ASI dan cooler bag, hingga menitipkan botol ASIP ke kulkas hotel ketika sedang show di luar kota demi buah hatinya. "Saya bawa perlengkapan-perlengkapan itu ke mana-mana. Agak repot, tetapi ini saya lakukan supaya Alec tidak mudah sakit. Saya sempatkan memompa ASI di jeda job, karena kalau tidak dilakukan bisa menyebabkan produksi ASI sedikit, bahkan berhenti," ujar Astrid yang bisa mendapatkan 10 botol ASIP untuk stok per hari.

Meski Si Kecil sudah lulus ASIX, Astrid tetap berencana memberikan ASI sampai kelak usia anaknya genap 2 tahun. Menurutnya, Alec yang sudah mengonsumsi MPASI ini tidak diberikan tambahan susu formula. Si Kecil masih tetap lahap menyusu, terutama kalau mau tidur. Ia pun percaya jika kegiatan menyusui dapat menjaga bonding yang kuat antara ibu dan anak. "Apalagi saat Alec sedang sakit, sekadar menempel ke tubuh saya saja sudah membuatnya lebih tenang dan bisa tidur pulas," tegas penyanyi asal Surabaya yang ditemui M&B sebelum sesi pemotretan sebuah majalah pada Senin (18/11).

Demi menjaga agar produksi ASI-nya lancar, Astrid pun mengonsumsi jenis asupan yang seimbang dalam menu hariannya, termasuk sayuran dan air putih. "Menyusui juga cara untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan tanpa program diet khusus, lho," pungkasnya. (Dian/Dok. M&B)