FAMILY & LIFESTYLE

Manfaat Susu Segar buat Kesehatan & Tumbuh Kembang Anak



Moms, Anda tentunya sudah paham mengenai pentingnya mengonsumsi susu untuk kesehatan. Terlebih untuk balita, susu berperan penting dalam proses tumbuh kembang anak yang optimal. Susu memang sangat bermanfaat, terutama untuk tumbuh kembang anak. Susu segar akan membantu memperkuat tulang dan gigi anak serta membantu perkembangan otak anak.

Meskipun begitu, tidak semua susu yang ada di pasaran memiliki mutu yang sama. Ada banyak hal yang berpengaruh pada kualitas susu, mulai dari kualitas sapi yang memproduksinya, proses pasteurisasi susu, higienisasi pengolahannya, hingga pengemasannya.

Nah, akhir pekan kemarin, Mother&Baby Indonesia mendapat undangan dari Greenfields, ahli produk susu dan produk olahan susu berkualitas di Indonesia, untuk mengunjungi pabrik mereka di Palaan dan peternakannya di Babadan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bersama rekan jurnalis dan content creator lain dari Jakarta, M&B diberikan kesempatan untuk melihat proses pasteurisasi susu segar Greenfields yang terintegrasi, dari peternakan sampai pabrik. Turut hadir sebagai narasumber dalam program kunjungan tersebut adalah Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, ilmuwan nutrisi; Darmanto Setyawan, Head of Dairy Manufacturing – SEA, PT. Greenfields Indonesia; Heru Prabowo, Head of Dairy Farm Development; dan Endang Wijayaningsih, Head Marketing, PT AustAsia Food.


Manfaat Susu buat Kesehatan

Dalam presentasinya, Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD menjelaskan: "Susu segar sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Susu membantu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang dan gigi, serta menjaga berat badan agar tetap ideal. Konsumsi susu segar secara teratur juga bisa membantu mencegah resiko terkena penyakit diabetes, serta membantu menurunkan komplikasi diabetes tipe 2."

"Susu segar sangat bermanfaat terutama untuk tumbuh kembang anak-anak. Susu segar membantu memperkuat tulang dan gigi anak serta membantu perkembangan otak anak. Perlu diingat bahwa anak-anak berada pada masa di mana mereka sangat aktif bergerak. Di situlah susu hadir sebagai sumber energi yang baik dan membantu menjaga sistem daya tahan tubuh anak," tambahnya.

Namun, banyaknya jenis susu yang ada di pasaran membuat Moms harus jeli dalam memilih produk susu yang akan dikonsumsi untuk keluarga. Dr. Matthew menganjurkan agar Moms memilih susu segar yang didapat dengan proses pasteurisasi, karena ini adalah jenis susu paling baik.



Kunjungan ke Pabrik Greenfields

Di hari pertama, M&B diajak berkeliling melihat pabrik susu Greenfields. Semua proses di pabrik tersebut dilakukan dengan teknologi canggih dan sangat dijaga higienitasnya, untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

Dalam sambutannya, Endang Wijayaningsih, Head Marketing PT AustAsia Food, mengatakan, "Greenfields berdedikasi untuk selalu menghasilkan susu segar dan murni dengan kualitas terbaik bagi para konsumen. Setiap tetes susu Greenfields dihasilkan melalui proses pasteurisasi yang terintegrasi dari peternakan sampai pabrik untuk menjaga kualitas susu terbaik dapat dinikmati oleh para penikmat susu segar Greenfields."

Sementara, Darmanto Setyawan, Head of Dairy Manufacturing – SEA, PT. Greenfields Indonesia menjelaskan, "Dengan teknologi canggih, susu segar yang dihasilkan dari sapi perah Holstein dan Jersey diolah dengan cara pasteurisasi dan Ultra High Temperature (UHT). Fokus utama Greenfields adalah memproduksi susu cair segar dengan kualitas terbaik tanpa fortifikasi sehingga nutrisinya mendekati kandungan susu segar."


Di sini, M&B melihat bahwa Greenfields menjaga semua tahapan untuk menghasilkan susu segar berkualitas terbaik mulai dari peternakan sapi, pemerahan susu, pengemasan hingga tiba pada tujuan akhir distribusi. Proses yang sepenuhnya otomatis dan terintegrasi dari pasteurisasi, sterilisasi, hingga pengemasan dikendalikan oleh Programmable Logic Controller (PLC) yang menjamin proses tersebut berjalan lancar dan tidak ada kesalahan.


Kunjungan ke Peternakan Greenfields

Hari kedua, M&B diajak mengunjungi peternakan Greenfields. Udara segar langsung terasa saat tiba di peternakan. Sama seperti di pabriknya, kebersihan dan higienitas di tempat ini juga sangat dijaga. Peternakan berada di lahan seluas 50 hektare dan terletak 1.200 meter di atas permukaan laut.

Ada lebih dari 8.000 ekor sapi di peternakan tersebut. Sapi-sapi perah berjenis Holstein dan Jersey ini menghasilkan susu segar yang berkualitas tinggi, alami, kaya nutrisi dan aman untuk dikonsumsi. Di peternakan, sapi-sapi tersebut dirawat dan dijaga dengan sangat baik. Peternakan juga menyiapkan sand bedding yang nyaman, bersih, dan didesain khusus untuk menjaga kenyaman sapi-sapi tersebut.


"Peternakan sapi Greenfields menerapkan standar yang juga diterapkan oleh peternakan sapi perah kelas dunia, yaitu manajemen peternakan sapi yang dilakukan di negara maju dan telah tersertifikasi ISO 9001:2008. Dari peternakan dan pabriknya, Greenfields dapat menghasilkan lebih dari 210 ton susu setiap hari yang diolah tidak hanya untuk pasar lokal, tapi juga dijual di Singapura, Malaysia, Hong Kong, Filipina dan negara-negara lainnya," jelas Heru Prabowo, Head of Farm, PT Greenfields Indonesia.


Passion in Every Drop

Selain mengunjungi pabrik dan peternakannya, M&B juga disuguhi berbagai macam produk susu dan olahan susu dari Greenfields, seperti susu UHT, yoghurt, dan keju. Semua produk yang kami coba memang sangat alami, segar, dan berkualitas, sesuai dengan prinsip Greenfields, "Passion in Every Drop".

Tak heran jika susu bernutrisi tinggi ini tak hanya dinikmati masyarakat Indonesia, namun juga dipasarkan ke Hong Kong, Singapura, Malaysia, Filipina, Myanmar dan Kamboja.

Jadi, yuk Moms, ajak keluarga untuk minum susu setiap hari, dan pilih hanya susu yang terbaik untuk keluarga Anda! (M&B/SW/Dok. Freepik, Greenfields)