TODDLER

Balita Dioperasi karena Obesitas



Seorang balita laki-laki asal Arab terpaksa dioperasi karena tubuhnya mengalami kelebihan berat badan atau obesitas hingga membahayakan kesehatannya. Bayangkan saja, di usia 2 tahun, berat badan balita tersebut sudah mencapai 33 kg. Padahal, berat normal balita seusianya hanya sekitar 12-14 kg.


Masalah obesitas telah membuat balita tersebut mengalami gangguan tidur yang sangat parah dan kaki bengkok. Dokter pun melakukan operasi dengan memotong bagian dalam perut dan lengannya. Hasilnya cukup signifikan, dalam waktu 2 tahun, berat balita tersebut berkurang hingga 27 persen. Usia Si Balita kini sudah menginjak 4 tahun dan beratnya menjadi 22 kg.


Tindakan operasi untuk menurunkan berat badan balita ini tergolong langka dan baru pertama kali dilakukan. Paul Zimmet, ahli obesitas, menyatakan terkejut mendengar berita ini dan belum bisa memastikan dampak apa yang akan terjadi pada tubuh Si Balita nantinya. Ia hanya berpesan agar kebutuhan nutrisinya tetap dijaga dan ia tidak boleh kekurangan vitamin. (Dina/OCH/Dok.CNN)