BABY

Memilih Sabun untuk Bayi



Merawat kesehatan kulit bayi tentu sangat penting, terutama penggunaan sabun untuk kulit sensitifnya. Hal ini membuat Anda perlu untuk memperhatikan pemakaian produk perawatan kulit yang tepat. Penggunaan sabun bertujuan untuk memelihara dan menjaga kulit, agar tetap bersih, lembap, serta terlindung dari kekeringan dan iritasi. Kini, banyak jenis produk sabun bayi dan anak yang beredar di pasaran. Namun, apakah sabun-sabun tersebut aman dan baik untuk kesehatan kulit Si Kecil? Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mengenal beberapa jenis sabun berikut ini.

a. Sabun batang
Sabun batang untuk bayi biasanya diproses dengan saponifikasi, yaitu reaksi asam lemak dan basa untuk menghasilkan busa yang cukup, meninggalkan rasa bersih kesat, dan tidak licin di kulit. Sabun batang ini dianjurkan untuk pemakaian sehari-hari pada bayi, selain harga yang jauh lebih murah.

b. Sabun cair
Sabun cair lebih sering digunakan ketika sedang bepergian. Jenis sabun ini mulai banyak dipilih para ibu untuk memandikan bayi-bayi mereka. Selain terlihat modern, sabun cair juga lebih higienis. Produk ini umumnya menggunakan bahan surfaktan, yaitu bahan yang mampu mengangkat dan membersihkan kotoran, serta kuman. Sabun cair memberikan busa yang berlimpah dibandingkan dengan sabun batang. Wangi yang ditinggalkan biasanya akan tahan lebih lama dibandingkan dengan sabun batang. Perhatikan takaran keseimbangan pH yang tertera pada produk untuk mencegah kulit Si Kecil teriritasi.

c. Sabun cair untuk badan dan rambut
Selain digunakan untuk membersihkan tubuh, jenis sabun ini juga dapat digunakan sebagai sampo untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Tentu jauh lebih praktis! Namun, keistimewaan dari masing-masing fungsi tidak bisa didapat, karena sifatnya yang lebih umum. Sementara, sabun dan sampo yang dikemas terpisah memiliki fungsi khusus.

Selain mengenal jenis-jenis sabun, Anda juga perlu memperhatikan bahan yang terkandung dalam sabun. Hati-hati bahan kimia berbahaya, seperti peppermint, citrus, ammonia, formaldehyde, glycols, dan phenol. Anda dapat menggunakan sabun yang mengandung minyak zaitun (olive oil), coconut & palm oil, dan Aloe vera (lidah buaya) untuk melembutkan kulit bayi. Beberapa jenis ekstrak vitamin, seperti vitamin E, C, dan B5 juga mampu menutrisi kulit Si Kecil. (Aulia/DMO/Dok. Freedigitalphotos)