FAMILY & LIFESTYLE

14 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh Anda



Kunyit merupakan salah satu rempah yang digunakan untuk masakan di negara-negara Asia. Tanaman rempah yang termasuk dalam kelompok jahe-jahean ini juga bisa menjadi pewarna kuning alami pada makanan, seperti gulai dan opor.

Selain digunakan sebagai bumbu pada makanan, kunyit juga ternyata memiliki berbagai manfaat lho, Moms. Zat aktif kurkumin yang terdapat pada kunyit punya beragam khasiat buat kesehatan. Nah, simak manfaat kunyit buat kesehatan Anda berikut ini, Moms!

1. Meningkatkan antioksidan di tubuh

Zat aktif kurkumin pada kunyit merupakan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dengan cara menetralisirnya. Selain itu, kurkumin membantu merangsang mekanisme antioksidan dalam tubuh.

2. Meredakan peradangan

Zat aktif kurkumin memiliki efek antiradang yang cukup kuat. Bahkan zat ini juga efektif digunakan pada beberapa obat peradangan dan tidak memberikan efek samping.

3. Meredakan depresi

Para ilmuwan menyebutkan bahwa kunyit berpotensi untuk meredakan depresi dan membantu antidepresan (golongan obat untuk mengobati depresi) bekerja lebih baik.

4. Mencegah dan mengobati diabetes

Zat aktif kurkumin bisa membantu melawan peradangan dan menjaga kestabilan kadar gula darah sehingga mampu mencegah atau mengobati diabetes tipe 2.

5. Mencegah infeksi virus

Kunyit bisa membantu melawan berbagai virus, termasuk herpes dan flu.

6. Meringankan gejala PMS

Berdasarkan penelitian, suplemen yang mengandung kurkumin bisa membantu meringankan gejala nyeri haid atau premenstrual syndrome (PMS). Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki efek pereda nyeri alami yang bekerja dengan cara melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Kunyit Asam?

7. Mencegah dan mengobati penyakit Alzheimer

Kunyit mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif, yang menurut peneliti berperan dalam perkembangan penyakit. Karena itu, mengonsumsi kunyit bisa membantu mencegah timbulnya Alzheimer. Kurkumin juga membantu membersihkan plak amiloid, faktor kunci dalam perkembangan penyakit.

8. Menjaga kesehatan kulit

Kunyit juga bermanfaat untuk perawatan kulit Anda, Moms, termasuk mempercepat penyembuhan luka dan menenangkan pori-pori untuk membantu mengurangi jerawat.

9. Meredakan nyeri sendi

Penelitian memperlihatkan bahwa mengonsumsi kunyit secara teratur buat orang-orang yang menderita arthritis akan mengurangi nyeri sendi secara ringan sampai sedang dan mengurangi peradangan sendi.

10. Mengontrol berat badan

Kunyit juga dapat membantu Anda untuk mengontrol berat badan, lho. Komponen-komponen dalam kunyit membantu menenangkan peradangan ringan yang terkait dengan obesitas dan meningkatkan lemak. Selain menjalankan diet sehat dan rutin berolahraga, mengonsumsi satu sendok teh bubuk kunyit setiap kali makan bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

11. Meredakan sakit kepala

Kunyit biasanya direkomendasikan sebagai bahan alami untuk pengobatan sakit kepala, terutama untuk migrain.

12. Mengobati penyakit maag

Berdasarkan jurnal Systematic Reviews, diketahui bahwa kunyit bisa membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala maag. Pasalnya, zat aktif kurkumin dalam kunyit juga bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih.

13. Mencegah kanker

Penelitian menemukan bahwa kunyit bermanfaat dalam menghentikan pertumbuhan sel tumor, membantu detoksifikasi enzim bekerja dengan lebih baik, sehingga membantu mencegah kanker.

14. Menunda penuaan

Jika kunyit dapat membantu mencegah penyakit kanker dan Alzheimer, tentu ini akan membuat Anda memiliki umur panjang. Karena itulah, kunyit makin populer sebagai suplemen antipenuaan.

Wah, ternyata ada banyak sekali ya, Moms, manfaat kunyit buat kesehatan kita. Karena itu, yuk, mulai sekarang konsumsi kunyit secara rutin untuk menjaga kesehatan kita! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)