TODDLER

Tipe Kaki Si Kecil



Bayi dilahirkan hanya dengan 22 tulang di setiap kakinya. Namun seiring tumbuh kembangnya, di usia 5 tahun, tulang-tulang di kakinya bertambah menjadi 26 tulang. Tulang-tulang kaki Si Kecil di masa awalnya memang sangat rentan sebab masih sangat lunak dan fleksibel sebelum akhirnya mengeras sesuai pertambahan usia.

Seiring pertumbuhan Si Kecil, Anda bisa melihat bentuk kakinya dengan lebih jelas. Dilansir dari Babycentre, ada 3 tipe bentuk kaki bayi yang diwariskan berdasarkan bentuk kaki orangtuanya. Pertama, tipe meruncing, yaitu jempol kaki Si Kecil paling besar di antara jari-jari kaki lainnya. Kedua, tipe membulat, jari telunjuk dan jari tengah kaki Si Kecil lebih panjang dibandingkan dengan ibu jarinya. Ketiga, tipe persegi, rata-rata seluruh jemari kaki Si Kecil memiliki panjang yang sama.

Biasanya, menginjak usia 1 tahun, Si Kecil sudah mulai belajar berdiri sendiri. Kakinya yang masih lunak mudah cedera saat ia beraktivitas bila luput dari perhatian Anda. Asal diawasi dan ada orang yang siap menolongnya bila terjadi sesuatu, biarkan ia belajar melatih kakinya tanpa membatasi ruang geraknya. (Sagar/DMO/Dok. M&B)